Home » Terkini » 1 Kades dan 6 Perangkat Desa Ditangkap Saat Asik Hisap Sabu, 6 Perangkat Desa Diamankan di 3 Kecamatan
1 Kades dan 6 Perangkat Desa Ditangkap Saat Asik Hisap Sabu, 6 Perangkat Desa Diamankan di 3 Kecamatan (Foto: Risty)

1 Kades dan 6 Perangkat Desa Ditangkap Saat Asik Hisap Sabu, 6 Perangkat Desa Diamankan di 3 Kecamatan

QARAO.com, Probolinggo – Sejak sepekan menggelar operasi tumpas narkoba semeru 2019, tim dari anggota satuan Reskoba Polres Probolinggo, berhasil menangkap 13 tersangka pemakai sabu-sabu dan pengedar obat – obatan terlarang.

Ironis dalam giat operasi tersebut, diantara 7 tersangka, merupakan 1 Kepala Desa dan 2 Perangkat Desa Ngadirejo, Kecamatan Sukapura, serta 4 Perangkat Desa lain di Kecamatan Wonomerto dan Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo.

Oknum kepala desa Ngadirejo, di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, yakni, Kembar Sanyoto (44) dan 2 perangkat desanya, Surajat dan Supriyanto yang diringkus lantaran memakai narkotika.

Dari 13 tersangka, polisi berhasil mengamankan pil setan jenis dextro dan thyrex sekitar 4000 butir, dan sabu-sabu jenis narkotika dengan total seberat 3,59 gram.

Baca  VIDEO: Kerugian Akibat Kebakaran Yang Dialami Cafe New Surya Ditaksir Mencapai 10 Milyar Rupiah

Kades Ngadirejo, Kembar Sayoto yang merupakan salah satu oknum kades ini mengaku, bahwa dirinya sudah ke-enam kalinya menggunakan barang haram tersebut, ia juga mengakui bahwa dirinya menggunakan barang terlarang untuk menjaga stamina, saya menyesal sekali.

“Saya kecanduan sabu karena bisa membuat tubuh saya selalu segar, untuk Doping karena beban pekerjaan yang saya tanggung sebagai kepala desa,” jelas kembar saat ditanya awak media.


1 Kades dan 6 Perangkat Desa Ditangkap Saat Asik Hisap Sabu, 6 Perangkat Desa Diamankan di 3 Kecamatan (Foto: Risty)

Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurnianto mengatakan, bahwa Kades ditangkap dari pengembangan DPO yang kabur 2 tahun lalu, dari pengakuan DPO tersebut, akhirnya mengembang ke Kades Ngadirejo ini, kita lakukan pengerebekan dan berhasil mengamankan kades beserta 2 perangkatnya di rumahnya saat sedang asik nyabu, pada Selasa (29/1) malam.

Baca  Mengaku Dikeroyok di Bandara, Angkasa Pura: Ratna Sarumpaet Tak Ada di Daftar Penumpang 21 September

“Saat dikembangkan kasusnya, ternyata oknum kades ini mendapatkan sabu-sabu dari salah satu perangkatnya yang beli dari DPO kami yang sudah kami amankan. Saat digrebek, kades tersebut tengah pesta sabu-sabu dengan 4 orang, dan 2 warganya berhasil kabur,” kata Kapolres, Jum’at (1/2/19).

Dari penggrebekan itulah, Eddwi melanjutkan, pihaknya juga berhasil mengamankan 4 tersangka lain, dari 2 Kecamatan Wonomerto dan Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo, ke 4 tersangka juga merupakan perangkat desa di 2 Kecamatan tersebut.

“Dari penggrebekan itu, kami juga berhasil menyita 3,59 gram sabu-sabu beserta alat hisap bong yang digunakan untuk berpesta sabu-sabu oleh mereka,” ujar lulusan Akpol 2000 ini.

Baca  Ketua Umum PPP Romahurmuziy Terjaring Operasi Tangkap Tangan KPK

Lantaran perbuatannya menggunakan barang terlarang, Eddwi menambahkan, bahwa ia (Kades dan 6 perangkat desa) akan berhadapan dengan pasal 114 sub 112 UU RI nomor 35 tahun 2009,” tentang kesehatan, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” tambah Kapolres.

. (Risty)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TerkiniLeft Menu Icon