Home » Terkini » 21 Penumpang KLM Wahyu Ilahi 2 Terbakar di Perairan Flores Berhasil Diselamatkan Kapal Nelayan Probolinggo
21 Penumpang KLM Wahyu Ilahi 2 Terbakar di Perairan Flores Berhasil Diselamatkan Kapal Nelayan Probolinggk (Foto: Risty)

21 Penumpang KLM Wahyu Ilahi 2 Terbakar di Perairan Flores Berhasil Diselamatkan Kapal Nelayan Probolinggo

QARAO.com, Probolinggo – Sempat terombang ambing di lautan, 21 penumpang kapal KLM Wahyu Ilahi 02 terdiri dari pria dan perempuan yang tenggelam di perairan Flores, pada 30 Agustus lalu akhirnya selamat dari maut.

Para penumpang berhasil selamat, setelah ditolong oleh kapal nelayan Probolinggo, KM Sejahtera – 4 yang tengah berlayar menuju pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo.

Diungkapkan Mila (23), salah seorang penumpang, jika kapal yang ditumpanginya melaju dari Pelabuhan Marapokot, NTT tujuan Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Namun saat berada di perairan laut Flores, mesin kapal tiba-tiba mengalami masalah dan berujung munculnya asap disertai api.

Kencangnya hembusan angin, membuat kobaran kian membesar, dan menghanguskan secara cepat, seluruh bagian kapal KLM Wahyu Ilahi 02.

“Kebakaran kapal terjadi, saat para penumpang tengah istirahat pak. Karena takut, akhirnya seluruh penumpang menyelematkan diri masing-masing,”ujar Mila, Minggu (02/09/2018).

Senada disampaikan, Gerson (24) suami Mila, setelah mengetahui kapalnya terbakar ia pun akhirnya menyelamatkan keluarganya, dengan cara meloncat ke lautan.

Baca  Sekretaris Mi6 akan bertarung di Pilkada Kota Mataram dan Loteng 2020 .

“Agar selamat, akhirnya kita loncat bareng istri saya. Saat di laut ada yang berusaha pegang kayu, ataupun barang-barang lainnya, agar tak tenggelam pak,” tukasnya.

Sementara daftar korban selamat, penumpang kapal KLM Wahyu Ilahi 02, diantaranya sebagai berikut :

# ABK : – Sdr. Rahan Naba ( Kapten kapal ) – Sdr. Rizal Anto ( kepala kamar mesin) – Sdr. Hendry (ABK) – Sdr. Hendra (ABK) – Sdr. Ryang(ABK) – Sdr. Akbar Liwang (ABK) – Sdr. Lukman (ABK)

21 Penumpang KLM Wahyu Ilahi 2 Terbakar di Perairan Flores Berhasil Diselamatkan Kapal Nelayan Probolinggo (Foto: Risty)
21 Penumpang KLM Wahyu Ilahi 2 Terbakar di Perairan Flores Berhasil Diselamatkan Kapal Nelayan Probolinggo (Foto: Risty)

# Penumpang: -Sdr. Haryanto – Sdr. Chichi – Sdr. Bone -Sdri. Nita -Sdri. Mila – Sdri. Asni -Sdr. Gerson – Sdr. Dg bahan – Sdri. Narnia – Sdr. Ruslan – Sdr. Sangkala -Sdr. Ardi ( anak kecil) – Sdri. Reskiah ( anak kecil) – Sdri. Riska ( anak kecil)

Baca  Terkendala Jalur Penerbangan, Jenazah Ustaz Arifin Ilham Belum Tiba di Tanah Air

Usai bersandar di Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo, para korban selamat langsung diistirahatkan di Kantor Pengawasan Pelayanan Bea dan Cukai Probolinggo.

Kebakaran yang menimpa kapal KLM Wahyu Ilahi 02, hingga hangus dan tenggelam di perairan laut Flores pada 30 Agustus lalu, disinyalir munculnya api pertama kali dari mesin kapal.

Informasi itu seperti disampaikan, Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal. Dijelaskannya jika kebakaran terjadi, lantaran adanya bola panas yang menyambar bagian mesin.

“Dari keterangan seorang penumpang, ada semacam bola panas yang terlempar ke mesin kapal. Namun secara detailnya, kita masih selidiki pastinya bola panas dimaksud, seperti apa dan dari mana asalnya,” jelas Kapolresta.

Kapolresta mengatakan, jika seluruh awak kapal KLM Wahyu Ilahi 02, baik ABK maupun penumpangnya, seluruhnya selamat dari kapal naas tersebut.

“Bersyukur seluruhnya bisa selamat, padahal sejumlah hewan ternak yang juga diangkut kapal KLM Wahyu Ilahi 02, hanya satu yang bisa selamat, sedangkan lainnya tenggelam,” tukasnya.

Baca  Forkopimda Kunjungi Penampungan Korban Kapal Tenggelam Wahyu Ilahi 02

Sebagai informasi, selain mengangkut orang KLM Wahyu ilahi 02, diketahui juga mengangkut hewan ternak. Yakni 100 ekor sapi, 100 ekor kambing, dan 50 ekor kuda, sedangkan yang berhasil diamankan hanya 1 ekor kambing.

Lebih lanjut Kapolresta menyampaikan, bahwa para penumpang selamat akan dipulangkan ke daerahnya pada Rabu mendatang (05/09/2018).

Sementara waktu, para penumpang diistirahatkan di Kantor Pengawasan Pelayanan Bea dan Cukai Probolinggo, guna memulihkan kesehatan dan rasa traumanya.

“Rabu depan, para penumpang kita akan antarkan ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, untuk selanjutnya diantar ke Makassar terlebih dahulu sebelum ke kampung halaman. Yang pasti saya sudah koordinasi, dengan kapolres Jeneponto,” tandasnya. (Risty)

 

— 21 Penumpang KLM Wahyu Ilahi 2 Terbakar di Perairan Flores Berhasil Diselamatkan Kapal Nelayan Probolinggo —

Minggu, 8 Desember 2019