Home » Terkini » 2524 Petugas Gabungan Jaga Pesta Demokrasi di Kota Probolinggo, Ada 2 Wilayah Titik Rawan
2524 Petugas Gabungan Jaga Pesta Demokrasi di Kota Probolinggo, Ada 2 Wilayah Titik Rawan (Foto: Risty)

2524 Petugas Gabungan Jaga Pesta Demokrasi di Kota Probolinggo, Ada 2 Wilayah Titik Rawan

QARAO.com, Probolinggo – Untuk mengantisipasi gangguan Kantibmas saat perayaan Pemilu serentak pada tanggal 17 April 2019 besok, Kepolisian Polres Probolinggo Kota, terjunkan ribuan petugas untuk menjaga di titik rawan dan TPS (Tempat Pemungutan Suara).

Karena di Kota Probolinggo pernah terjadi kericuhan saat Pilkada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota, dan sempat ditetapkan sebagai zona merah. Apel gelar pasukan pilihan umum Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPRD TK 1, DPRD TK 2 Dan DPD RI di Alun – alun Kota Probolinggo.

Petugas gabungan yang diturunkan sebanyak 2524, yang terdiri dari pasukan Brimob 97 personil, linmas 1390, dan anggota TNI sebayak 377, akan di sebar ke sejumlah TPS – TPS di Kota Probolinggo dan 3 Kecamatan di Kabupaten yang masuk wilayah hukum Polres Probolinggo Kota nantinya.

Baca  VIDEO: Usai Persija vs Persela Berakhir 3-0, Persija Tempel PSM & Jauhi Persib
2524 Petugas Gabungan Jaga Pesta Demokrasi di Kota Probolinggo, Ada 2 Wilayah Titik Rawan (Foto: Risty)

Pemetaan yang ditengarai rawan kericuhan, akan ditempatkan pasukan Brimob bersenjata lengkap, serta mobil Baracuda stanby di kantor Kecamatan yang dianggap rawan. Seperti di Kecamatan Mayangan yang pernah terjadi kericuhan di Pilkada Walikota dan Wakil Walikota.

Tak hanya di Kelurahan Mayangan, AKBP AKBP Alfian Nurrizal Kapolres Probolinggo Kota, juga memberi perhatian khusus di wilayah Pulau Gili Ketapang, karena kepulauan dan juga padat penduduk. Senin (16/04/19).

Habib Hadi Zainal Abidin, Walikota Probolinggo, mengatakan kesiapan pasukan gabungan ini, untuk menjaga jalan pesta demokrasi. Dan hak – hak pemilih bisa melakukan dengan tenang, dan saya harap tidak ada warga yang terprovokasi orang yang tidak bertanggung jawab, saya anggap warga Kota Probolinggo sudah pintar – pintar semua. Dan bijak mengambil suatu keputusan.

Baca  Jazz Museum 2018 Digelar Tim Pemuda Kreatif Kota Probolinggo, Untuk Memperingati Hari Sumpah Pemuda
2524 Petugas Gabungan Jaga Pesta Demokrasi di Kota Probolinggo, Ada 2 Wilayah Titik Rawan (Foto: Risty)

“Saya himbau warga Kota Probolinggo untuk mendukung jalannya pesta demokrasi, dan jaga kondusivitas keamanan saat Pemilu berlangsung, jika nanti terjadi kericuhan akan ditindak tegas sesuai prosedur yang berlaku” tegas Hadi Zainal Abidin saat di wawancarai setelah apel selesai.

Juga dikatakan Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Alfian Nurrizal, sebenarnya Kota Probolinggo sudah tidak dikatakan lagi ‘Zona Merah’ lagi, namun kita tidak bisa lengah dan selalu waspada, dan saya lebih perbanyak pasukan di titik yang saya anggap rawan seperti di Kelurahan Mayangan dan Pulau Gili Ketapang.

“Kita tempatkan pasukan lebih di daerah yang saya anggap rawan, sesuai peta dan sejarahnya, petugas kami akan melakukan penjagaan sesuai prosedur yang berlaku, dan jangan coba – coba membuat onar saat Pemilu berlangsung, pasti kami tindak tegas” ujar Alfian saat ditemui.


Muspida Kota Probolinggo dan Kabupaten Probolinggo, berharap jalannya Pemilu serentak 2019 berjalan lancar dan damai.

Baca  VIDEO: Laka Maut MPV Tabrak Truk Parkir 6 Tewas dan 5 Kritis

. (Risty)

TerkiniLeft Menu Icon