Home » Inform » Akses Jalan Menuju Wisata Gunung Bromo Longsor
Akses Jalan Menuju Wisata Gunung Bromo Longsor. (Foto: Risty)
Akses Jalan Menuju Wisata Gunung Bromo Longsor. (Foto: Risty)

Akses Jalan Menuju Wisata Gunung Bromo Longsor

QARAO.com, Probolinggo – Jalur utama menuju obyek wisata Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo mengalami longsor tanah, pada Kamis malam (5/12/2019).

Longsoran tanah, terjadi di kawasan Desa Sapi Kerep, Kecamatan Sukapura. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo mencatat, tanah longsor itu berada pada koordinat -7,91358, 113,03242, 1273,9m, 266.

Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi mengatakan, longsoran mencapai panjang 17 meter dan tinggi 10 meter dan ruas jalan yang bisa akses sekitar 3 meteran.

“Longsor terjadi diduga karena hujan dengan intensitas ringan maupun sedang, di kawasan warga suku Tengger atau di lereng Gunung Bromo,”ujar Anggit Jum’at (6/12/2019).

Baca  Mancing Mania Merdeka, Ratusan Ikan Lele Dilepaskan

Oleh karenanya, Anggit menjelaskan longsoran tanah akhirnya menggerus bahu jalan, lantaran tidak adanya saluran air keluar dan mengakibatkan daya ikat tanah berkurang dan menyebabkan ambrolnya tanah.

Akses Jalan Menuju Wisata Gunung Bromo Longsor. (Foto: Risty)
Akses Jalan Menuju Wisata Gunung Bromo Longsor. (Foto: Risty)

“Tim Respon Cepat (TRC) BPBD langsung menuju lokasi dan memasang garis kuning (Yellow Line) di sekitar area longsor. Kami juga masih berkoordinasi dengan Dinas PUPR, sehubungan kejadian longsor itu,”pungkasnya.

Koordinasi dilakukan kata Anggit, lantaran titik longsor terjadi pada pekerjaan plengsengan proyek PRIM yang baru selesai dikerjakan.

“Jika masih dalam masa pemeliharaan, maka perbaikannya merupakan tanggung jawab kontraktor proyek,” lanjut Anggit.

Imbuhnya, meski terjadi peristiwa tanah longsor, namun tidak sampai menimbulkan korban luka dan jiwa. Bahkan, pihaknya melakukan Koordinasi bersama petugas Tagana dan masyarakat setempat.

Baca  Serma Sadri Laksanakan Komsos Menjelang Pergantian Tahun

[risty]

— via qarao-post

Rabu, 22 Januari 2020