Home » Terkini » Antisipasi Tingginya Angka Kecelakaan, Polisi Bersama Walikota Pantau Dan Cek Kesehatan Sopir Serta Bus
Antisipasi Tingginya Angka Kecelakaan, Polisi Bersama Walikota Pantau Dan Cek Kesehatan Sopir Serta Bus (Foto: Risty)

Antisipasi Tingginya Angka Kecelakaan, Polisi Bersama Walikota Pantau Dan Cek Kesehatan Sopir Serta Bus

QARAO.com, Probolinggo – Sebagai persiapan arus mudik lebaran, petugas gabungan kepolisian resort Kota Probolinggo bersama pemerintah kota melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para kru bus, di Terminal Bayuangga, Selasa (14/5/2019).

Satu persatu kru bus mulai sopir, kondektur dan kernet diperiksa kesehatannya mulai tekanan darah, mata hingga dilakukan tes urine.

Dari pemeriksaan itu, didapati secara umum kebanyakan sopir memiliki tekanan darah tinggi, dimana hasil tes tekanan darah rata-rata berada di angka 150 sampai 180.

Selain pemeriksaan kesehatan, petugas juga mengecek kesiapan tiap armada bus yang ada di terminal setempat. Pemeriksaan meliputi lampu, ban, rem, kemudi dan surat-surat kendaraan.

Baca  Satuan Polisi Air dan KSOP Probolinggo Gelar Patroli Laut Bagikan Ratusan Life Jacket ke Nelayan dan Penumpang Kapal Laut

Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal mengatakan, langkah pemeriksaan kesehatan para sopir dan armada bus, dilakukan guna meminimalisir terjadinya kecelakaan saat arus mudik.

Oleh karenanya, ia menghimbau para sopir yang kurang fit kesehatannya, agar tidak memaksakan mengangkut penumpang sebelum kesehatannya kembali stabil.


Antisipasi Tingginya Angka Kecelakaan, Polisi Bersama Walikota Pantau Dan Cek Kesehatan Sopir Serta Bus (Foto: Risty)

“Saya himbau para sopir bisa menjaga kesehatannya, tertib di jalan serta utamanya tidak mengkonsumsi minuman keras dan obat-obatan terlarang. Karena dampaknya selain membahayakan diri sendiri, juga orang lain akan terkena imbasnya,”jelas Kapolresta.

Labih lanjut, Kapolresta menghimbau agar para sopir tidak ugal-ugalan di jalan saat mengangkut penumpang.

Sementara salah seorang sopir bus Jumawi mengungkapkan, jika dirinya mengapresiasi adanya pemeriksaan kesehatan dan armada oleh polisi.

Baca  Warga Nelayan Pulau Gili Bersama Forkopimda Upacara HUT Kemerdekaan RI 73 di Tepi Pantai

Dengan pemeriksaan itu, Jumawi mengaku akhirnya tahu kondisi kesehatannya terkini, dimana ia belum sempat memeriksakan kesehatannya sendiri.

“Bagus lah adanya pemeriksaan oleh petugas, jadi saya bisa tahu kesehatan saya saat ini. Dan tentunya bisa lebih waspada,”ungkapnya.

. (Risty)


TerkiniLeft Menu Icon