Home » News » Bagikan ABATE Cegah Penyebaran DBD
Bagikan ABATE Cegah Penyebaran DBD. (Foto: Risty)
Bagikan ABATE Cegah Penyebaran DBD. (Foto: Risty)

Bagikan ABATE Cegah Penyebaran DBD

QARAO.com, Probolinggo – Sebagai bentuk antisipasi berkembang-biaknya nyamuk Aedes Aegypti dan menyebarnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Babinsa Kecik Koramil 0820/14 Besuk Kodim 0820 Probolinggo Koptu Abdul Rahman mendampingi petugas Puskesmas Besuk dalam kegiatan penyuluhan kepada warga binaannya dan melakukan pemeriksaan jentik-jentik nyamuk di tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk serta membagikan ABATE gratis kepada warga di wilayah Desa Kecik Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo, Senin(13/01/20).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dilingkungan Dusun Krajan Rt 10/02 dikarenakan wilayah tersebut terdapat warga yang telah terjangkit wabah penyakit demam berdarah. Berdasarkan data dari Puskesmas Besuk, sudah ada 4 warga yang telah terjangkit DBD antara lain Slamet umur 32 tahun pekerjaan petani, Senal umur 34 tahun pekerjaan petani, Abd Hamid umur 38 tahun pekerjaan petani, Juminem 39 tahun ibu rumah tangga.

Baca  Danramil 0820/25 Krucil Dampingi Komisi D DPRD Kabupaten Probolinggo

Hal inilah yang mendorong Babinsa Kecik Koramil 0820/14 Besuk bersama petugas Puskesmas Besuk melakukan pemeriksaan jentik – jentik nyamuk dan membagikan Abate di wilayah tersebut dengan maksud untuk membunuh nyamuk dewasa dan jentik — jentik nyamuk serta memutus rantai penularan penyakit demam berdarah.

Bagikan ABATE Cegah Penyebaran DBD. (Foto: Risty)
Bagikan ABATE Cegah Penyebaran DBD. (Foto: Risty)

Dalam kegiatan tersebut, Babinsa Kecik Koptu Abdul Rahman mengajak masyarakat agar peduli terhadap lingkungan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit DBD yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

“kami minta agar warga peduli lingkungan. Salah satu caranya dengan menjaga kebersihan sekitar ,” jelasnya.

Menurutnya Warga dapat berperan serta dengan langkah 3M, yakni menguras, menutup, dan mengubur barang-barang yang tidak diperlukan. Sebab, barang-barang yang tidak terpakai dapat berpotensi menjadi sarang nyamuk penyebab DBD. Selain langkah 3M , tindakan untuk antisipasi penyebaran DBD dapat dilakukan dengan cara pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan melaksanakan pengasapan atau Fogging ,” pungkasnya.

Baca  VIDEO: Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana Muspida Kota Probolinggo, Siapkan Personil Siaga Bencana dan Sembako
Bagikan ABATE Cegah Penyebaran DBD. (Foto: Risty)
Bagikan ABATE Cegah Penyebaran DBD. (Foto: Risty)

Sementara itu Kades Kecik, Bpk Soleh meyampaikan sangat berterima kasih kepada anggota Koramil 0820/14 Besuk yang telah bekerjasama dengan Puskesmas Besuk dalam melaksanakan pemeriksaan sarang nyamuk dan membagikan Abate gratis di wilayah Desa Kecik sehingga dapat mengurangi berkembang biaknya nyamuk yang sangat berbahaya.

Diharapkan kegiatan ini bisa berkesinambungan sehingga Desa Kecik terbebas penyakit Demam Berdarah (DBD),” ungkap Bpk Sholeh Kepala Desa Kecik, Ke amatan Besuk, Kabupaten Probolinggo.

[risty] — via qarao-post

Rabu, 22 Januari 2020