Home » Jurnal » Beberapa Peristiwa Dunia di Bulan Agustus
Beberapa Peristiwa Dunia di Bulan Agustus.
Beberapa Peristiwa Dunia di Bulan Agustus.

Beberapa Peristiwa Dunia di Bulan Agustus

QARAO.com, Jakarta – Berikut ini beberapa peristiwa dunia di Bulan Agustus. Kemerdekaan Indonesia merupakan salah satunya. Peristiwa ini merupakan hari bersejarah yang mengubah dunia, baik karena bencana alam, sosial budaya, maupun akibat hasil perang yang berkecamuk.

Meletusnya Gunung Krakatau (26 Agustus 1883)
Salah satu letusan gunung berapi paling mematikan dalam sejarah tercatat terjadi di pulau Krakatau, Indonesia. Ledakan terdengar lebih dari sekitar 3.000 km jauhnya.

Beberapa Peristiwa Dunia di Bulan Agustus. (Foto: Erupsi Krakatau -washingtonpost.com)
Beberapa Peristiwa Dunia di Bulan Agustus. (Foto: Erupsi Krakatau -washingtonpost.com)

Gelombang pasang hampir 4 meter tingginya, menewaskan 36.000 orang di pulau-pulau terdekat. Dampak letusan ini juga bisa dirasakan di seluruh penjuru dunia.

Perang Irak – Kuwait (2 Agustus 1990)
Irak mengklaim bahwa Kuwait secara historis, adalah bagian dari Irak. Di samping itu invasi Irak ke Kuwait disebabkan oleh kemerosotan ekonomi Irak setelah Perang Delapan Tahun dengan Iran.

Pada tengah malam tanggal 2 Agustus 1990, Irak secara resmi menginvasi Kuwait, dengan membombardir ibu kota Kuwait dari udara. Akibat invasi ini, Kuwait meminta bantuan Amerika Serikat tanggal 7 Agustus 1990.

Baca  TNI Bertugas TMMD Adu Sepak Bola Bersarung dengan Warga Desa

Marylin Monroe tewas di usia 36 tahun (5 Agustus 1962)
Ketenaran dan kecantikan Marylin Monroe saat itu, membuatnya hidup dalam depresi dan kegalauan. Sehingga artis Hollywood ini pun tewas akibat overdosis pil tidur di dalam rumahnya di Los Angeles. Selama karirnya, dia telah berakting di 29 film.

Bom Atom pertama – Hiroshima (6 Agustus 1945)
Pada saat perang dunia kedua, bom atom pertama (Little Boy) dijatuhkan di pusat kota Hiroshima – Jepang pada jam 8:15 pagi, oleh pengebom Amerika B-29 Enola Gay.

Beberapa Peristiwa Dunia di Bulan Agustus. (Foto: istimewa)
Beberapa Peristiwa Dunia di Bulan Agustus. (Foto: istimewa)

Presiden Amerika Serikat Harry S. Truman pun segera memberi ultimatum Jepang agar menyerah dalam waktu 16 jam.

Uni Soviet Menyerang Manchuria (9 Agustus 1945)
Soviet menyerbu negara boneka Jepang Manchukuo. Dalam perang ini, Soviet berhasil menduduki wilayah Manchukuo, Mengjiang (Mongolia Dalam), Korea bagian utara, Sakhalin bagian selatan, dan Kepulauan Kuril.

Kekalahan Jepang di Manchuria menjadi salah satu penyebab menyerahnya Jepang dan berakhirnya perang dunia kedua.

Bom Atom kedua – Nagasaki (9 Agustus 1945)
Di hari yang sama saat Soviet menyerang Manchuria, pembom B-29 Amerika pun meluncur menuju kota Kokura. Tetapi di tengah perjalanan cuaca buruk pun menghadang, karena jarak pandang yang buruk, kemudian dipilihlah target cadangan yaitu Nagasaki.

Baca  Kupas Tuntas Seputar Ogoh Ogoh
Beberapa Peristiwa Dunia di Bulan Agustus. (Foto: masterpiecemodels.com)
Beberapa Peristiwa Dunia di Bulan Agustus. (Foto: masterpiecemodels.com)

Sekitar tengah hari, bom Atom kedua (Fat Man) itu pun dijatuhkan dan meledak yang menewaskan sekitar 70.000 orang dan menghancurkan sekitar setengah kota.

Jepang menyerah kepada sekutu (15 Agustus 1945)
Setelah kedua kotanya di hantam bom atom. Sekitar enam hari setelah pengeboman Nagasaki dan Uni Soviet menyerang tentara jepang di Manchuria, Jepang menyatakan menyerah kepada Sekutu.

Kemerdekaan Indonesia (17 Agustus 1945)
Menyerahnya Jepang kepada Amerika dan sekutunya akibat hantaman bom atom, dimanfaatkan oleh Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan.

Soekarno, Hatta selaku pimpinan PPKI dan Radjiman Wedyodiningrat sebagai mantan ketua BPUPKI diterbangkan ke Dalat, 250 km di sebelah timur laut Saigon, Vietnam untuk bertemu Marsekal Terauchi.

Mereka dikabarkan bahwa pasukan Jepang sedang di ambang kekalahan dan akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia.

Baca  VIDEO: Muin Bachonaev, Anak dengan Bulu Mata Terpanjang di Rusia
Beberapa Peristiwa Dunia di Bulan Agustus. (Foto: istimewa)
Beberapa Peristiwa Dunia di Bulan Agustus. (Foto: istimewa)

Teks proklamasi pun dibacakan oleh Soekarno pada pukul 10:00 WIB yang juga bertepatan dengan hari Jumat tanggal 9 Ramadhan 1364 H.

Putri Diana tewas di usia 36 tahun (31 Agustus 1997)
Putri Diana menderita luka-luka internal akibat kecelakaan lalu lintas, mobil yang ditumpanginya melaju dengan kecepatan tinggi setelah dikejar oleh fotografer.

Kecelakaan itu terjadi tak lama setelah tengah malam di Paris di dalam terowongan di sepanjang Sungai Seine di jembatan Pont de l’Alma, kurang dari setengah mil sebelah utara Menara Eiffel.

Juga tewas dalam kecelakaan itu adalah rekan Diana, Dodi Fayed, 42, dan sopir Henri Paul. Orang keempat di mobil, pengawal Trevor Rees-Jones, terluka parah.

Demikianlah beberapa peristiwa bersejarah di bulan Agustus. Bila kita perhatikan, kemerdekaan indonesia pun tak terlepas dari adanya perang dunia kedua di Eropa dan Asia Pasifik. Menyerahnya Jepang kepada sekutu, menandakan berakhirnya perang tersebut.

– iQra –

Jum'at, 6 Desember 2019