Home » Jurnal » Benarkah Air Zamzam itu Ajaib?
Benarkah Air Zamzam itu Ajaib?
Benarkah Air Zamzam itu Ajaib?

Benarkah Air Zamzam itu Ajaib?

QARAO.com, Mekkah Arab Saudi – Umumnya jamaah Haji dan Umrah akan berkunjung ke sumur Zamzam, dan sebagian membawa pulang air Zamzam sebagai oleh-oleh. Setiap tahun saat Idul Adha atau Lebaran Haji, Mekkah dibanjiri para jamaah haji dari berbagai negara.

Sumur Air Zamzam

Selain Ka’bah, di dalam Masjidil Haram ada air Zamzam yang menjadi oleh-oleh wajib para jamaah untuk dibawa pulang. Sumur air zamzam tidak pernah kering sejak pertama muncul ratusan tahun lalu. Bahkan airnya dianggap ajaib, karena memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh.

Benarkah Air Zamzam itu Ajaib? (Sumber airnya berasal dari air hujan yang turun di daerah sekitar Makkah. Foto: bppt.go.id)
Benarkah Air Zamzam itu Ajaib? (Sumber airnya berasal dari air hujan yang turun di daerah sekitar Makkah. Foto: bppt.go.id)

Air yang terasa hambar atau tawar ini berasal dari sumur mata air yang terletak di kawasan Masjidil Haram, sebelah tenggara Kabah, berkedalaman 42 meter. Sumber utamanya adalah air hujan yang turun di daerah Mekkah.

Warna zamzam pun bening seperti air mineral biasa. Tapi rasanya lebih tawar, lebih berat, dan agak pedar dibandingkan air biasa. Tidak ada bau yang tercium dan volumenya lebih berat dibanding air biasa. Hingga saat ini, debit air zamzam yang disedot keluar mencapai 8.000 liter per detik. Tidak heran, jika air zamzam sangat mudah ditemukan di sana.

Benarkah Air Zamzam itu ajaib?

Nyatanya secara ilmiah pun memang begitu adanya. Air ini memiliki banyak keistimewaan sehingga pantas orang awam menyebutnya dengan air yang ajaib. Hal ini tidak lepas dari sejarah asal mula air zamzam dan hasil penelitian para ilmuwan.

Baca  Habib Rizieq Punya Masalah Pribadi di Arab Saudi?

Sejarah Nabi

Tepatnya saat Nabi Ismail masih kecil. Zamzam sendiri berasal dari ucapan Siti Hajar, istri Nabi Ibrahim, saat menemui air di bawah kaki putranya yang saat itu masih kecil, Ismail. Zamzam artinya berkumpul, atau airnya berkumpul, hingga kemudian disebutlah Zamzam.

Bermula saat Siti Hajar dan Ismail, ditinggal Nabi Ibrahim di padang pasir yang tandus, gersang, tidak ada tanda-tanda kehidupan. Namun, Ibrahim berusaha meyakinkan Siti Hajar bahwa apa yang dia lakukan itu adalah perintah-NYA yang tidak boleh diragukan lagi.

Benarkah Air Zamzam itu Ajaib? (sumur air Zamzam menembus lapisan batuan keras yang berupa batuan beku Diorit. Batuan beku jenis ini sangat banyak dijumpai di Jazirah Arab. Foto: bppt.go.id)
Benarkah Air Zamzam itu Ajaib? (sumur air Zamzam menembus lapisan batuan keras yang berupa batuan beku Diorit. Batuan beku jenis ini sangat banyak dijumpai di Jazirah Arab. Foto: bppt.go.id)

Namun saat bekal yang dibawa Siti Hajar habis, dan Ismail kecil menangis kehausan, Siti Hajar yang saat itu masih menyusui pun mulai kehabisan karena tidak ada asupan makanan. Ia mulai gelisah dan mencari makanan di padang tandus yang kelak bernama Mekkah itu.

Siti Hajar berlari ke bukit Marwa mencari kemungkinan makanan dan minuman, lalu kembali lagi ke bukit Shafa, lalu kembali lagi ke Bukit Marwa. Tak terasa, Siti Hajar sudah bolak-balik sebanyak 7 kali.

Apa yang dilakukan Siti Hajar ini kelak dinamakan Sa’i, yang dijadikan rukun haji. Sa’i adalah berlari-lari kecil di antara bukit Shafa dan Marwa selama 7 kali.

Baca  Atribut Ganti Presiden Saat Ibadah Haji di Tanah Suci Bisa Ganggu Hubungan Indonesia-Arab Saudi

Sesaat setelah Nabi Ismail minum air zamzam, dia langsung berhenti menangis dan merasa kenyang. Air ini bisa dikatakan ajaib karena di luar nalar manusia. Hasil riset pun membuktikan secara ilmiah bahwa air ini memang terbukti memiliki keistimewaan.

Riset Ilmuwan

Hasil riset para ilmuwan membuktikan bahwa air zamzam memiliki tingkat kemurnian tertinggi dibandingkan air mana pun di muka bumi. Bahkan, mereka sepakat kualitas air zamzam lebih baik daripada air dari Pegunungan Alpen.

Kandungan senyawa bikarbonat pada air zamzam sekitar 366 miligram per liter. Sedangkan, air dari Pegunungan Alpen sekitar 357 miligram per liter. Maka air zamzam dinyatakan sebagai yang paling murni di dunia.

Ilmuwan asal Jerman, Knut Pfeiffer, juga melakukan penelitian air zamzam. Hasilnya, mineral pada air zamzam mampu meningkatkan energi di tingkat sel dan sistem jaringan tubuh.

Menurut pakar kesehatan, tiap hari kita dianjurkan minum air mineral minimal dua liter untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Air mineral menjadi yang paling sehat untuk tubuh.

Seorang ilmuwan senior asal Arab Saudi, Yahya Koshak, meneliti air zamzam. Hasilnya air tersebut bebas kuman dan bakteri, tanpa harus diolah terlebih dahulu. Ketika diujicoba menggunakan sinar ultraviolet, sampel air sama sekali tidak menunjukkan adanya bakteri.

Baca  Dolanan Tempo Dulu Diekspresikan Melalui Lukisan Mural Kampung Keren
Benarkah Air Zamzam itu Ajaib? (Foto: istimewa)
Benarkah Air Zamzam itu Ajaib? (Foto: istimewa)

Upaya Pemerintah Setempat

Dalam menjaga pasokan airnya, pemerintah setempat benar-benar menata rapi pemukiman di sekitarnya. Segala upaya dilakukan agar sumur zamzam tetap terjaga antara lain:

  • Melakukan penggantian pompa dan dan tangki-tangki penadah.
  • Menjaga dan mengatur sanitasi penduduk di sekitar Wadi Ibrahim, karena memengaruhi pengisian air.
  • Memonitor, memelihara, dan menjaga jangan sampai sumur ini kering.
  • Mengatur aliran air dari daerah tangkapan air.
  • Memelihara pergerakan air tanah dan menjaga kualitasnya.
  • Mengoptimasi suplai dan distribusi air Zamzam.

Air Yang Kaya Nutrisi

Kandungan mineral pada air zamzam juga sangat kaya. Di antaranya sodium, kalsium, potasium, nitrat, amonia, sulfur, dan masih banyak lagi yang lainnya. Total ada sekitar 2.000 miligram kandungan elemen alamiah per liternya.

Kandungan kalsium dan magnesiumnya banyak, membuat air ini berperan penting meningkatkan fungsi senyawa fluoride dalam membunuh bakteri. Air zamzam juga dinilai bisa menguatkan rahim saat hamil, kesehatan tulang serta gigi, melancarkan peredaran darah, menjaga metabolisme tubuh, dan lain-lain.

Harga Air Zamzam

Di Arab Saudi, air zamzam dapat diminum gratis. Sedangkan di Indonesia, mungkin kita harus membelinya sekitar Rp300 hingga Rp500 ribu per lima liter.

 

— Benarkah Air Zamzam itu Ajaib? —
** dari berbagai sumber

Selasa, 22 Oktober 2019