Home » Inform » Diduga Pakai Ijazah Palsu, Anggota DPRD Probolinggo Ditahan
Diduga Pakai Ijazah Palsu, Anggota DPRD Probolinggo Ditahan. (Foto: Risty)
Diduga Pakai Ijazah Palsu, Anggota DPRD Probolinggo Ditahan. (Foto: Risty)

Diduga Pakai Ijazah Palsu, Anggota DPRD Probolinggo Ditahan

QARAO.com, Probolinggo — Satreskrim Polres Probolinggo, menahan anggota DPRD Kabupaten Probolinggo, Abdul Kadir bin Haeri atas dugaan penggunaan ijazah palsu sebagai anggota dewan.

Polisi memutuskan menahan anggota dewan fraksi Partai Gerindra yang baru menjabat tak sampai 40 hari itu, lantaran dari penyidikan dan pemeriksaan polisi mendapati bukti yang cukup.

Penahanan tersangka, diperkuat melalui keluarnya surat perintah penahanan Nomor: Sp. Han/93/X/2019/Satreskrim.

Dalam surat penahan, disebutkan tersangka Abdul Kadir diduga keras telah melakukan tindak pidana menggunakan ijazah paket C nomor register DN-05-PC 0095265 tahun untuk mendaftar sebagai calon legislatif Kabupaten Probolinggo periode 2019-202, pada Juli 2018 di Kantor KPU setempat.

Baca  Provinsi NTB Pengoperasi Listrik PLTS Terbesar di Indonesia

Kuasa Hukum tersangka, Hosnan Taufik saat ditemui di Mapolres Probolinggo membenarkan adanya penahan tersebut. Penahana oleh polisi terhadap kliennya, dilakukan Jum’at malam sekitar pukul 18. 00 WIB.

“Memang benar klien saya Abdul Kadir, ditahan mulai kemarin malam. Dan surat penahanannya sudah dipegang saya. Tapi saya berharap, pelaku lainnya juga diusut pihak kepolisian. Karena saya yakin, mereka juga ikut terlibat dalam kasus ini,”ujar Hosnan, Sabtu (5/10/2019).

Hosnan menjelaskan, kliennya sempat dipanggil penyidik ke Polres Probolinggo sekitar pukul 14. 00 Wib untuk dimintai keterangan. Hingga akhirnya dilakukan penahanan, oleh pihak kepolisian.

Baca  Ratusan Bus Transjakarta Terbengkalai di Bogor, Uap Panas Menyengat

Atas penahan itu, Hosna mengaku langsung melayangkan surat penangguhan penahanan, ke penyidik Polres Probolinggo. Dikatakannya, penangguhan penahanan sebagai bentuk perlindungan hukum kepada kliennya.

Diduga Pakai Ijazah Palsu, Anggota DPRD Probolinggo Ditahan. (Foto: Risty)
Diduga Pakai Ijazah Palsu, Anggota DPRD Probolinggo Ditahan. (Foto: Risty)

“Saya optimis pengajuan penangguhan penahanan dikabulkan penyidik, karen selama ini klien saya sangat kooperatif bahkan semua barang bukti diserahkan kepada penyidik,”jelas Hosnan.

Terpisah, Kasatreskrim Polres Probolinggo AKP Riski Santoso menyebut, penahanan anggota dewan dari Dapil 2 (Kraksaan, Besuk, dan Gading), dilakukan setelah Abdul Kadir sudah ditetapkan sebagai tersangka.

“Untuk status tersangka, sudah ditetapkn beberapa hari yang lalu. Dan saat ini, Abdul Kadir sudah ditahan,”terang Riski.

Sementara terkait munculnya, surat penangguhan oleh kuasa hukum tersangka, Kasatreskrim belum bisa memberikan komentar, dengan alasan masih akan dipelajari.

Baca  UU KPK Hasil Revisi Berlaku Besok, Jokowi Kenapa Bungkam

Sekedar informasi, Abdul Kadir dilaporkan ke polisi karena diduga memalsukan dokumen ijazah Paket C saat mendaftar sebagai calon legislatif (Caleg) dalam Pemilu 17 April 2019 lalu.

Meski menuai polemik, namun Abdul Kadir tetap dilantik sebagai anggota DPRD Kabupaten Probolinggo, pada Jum’at 30 Agustus 2019 lalu. Setelah melakukan penyelidikan selama sekitar satu bulan, polisi akhirnya menahan Abdul Kadir.

[risty]

— via qarao-post

Sabtu, 19 Oktober 2019