Home » Pilihan » Diduga Terlibat Pungli SIM, Kapolres Kediri Terancam Kejahatan Korupsi
Diduga Terlibat Pungli SIM, Kapolres Kediri Terancam Kejahatan Korupsi. (Ilustrasi Kriminologi.id)
Diduga Terlibat Pungli SIM, Kapolres Kediri Terancam Kejahatan Korupsi. (Ilustrasi Kriminologi.id)

Diduga Terlibat Pungli SIM, Kapolres Kediri Terancam Kejahatan Korupsi

QARAO.com, Jakarta – Bareskrim Polri ikut mengusut kasus yang terjadi di tubuh kepolisian dan sedang marak di tengah masyarakat. 

Bareskrim turut langsung menyelidiki dugaan tindak pidana korupsi dalam perkara pungutan liar alias pungli yang tejadi di lingkungan Satpas Polres Kediri yang diduga melibatkan Kapolresnya, AKBP Erick Hermawan. 

“Akan kami lakukan dan terapkan seperti itu (ditindak dengan Undang-undang Tindak Pidana Korupsi),” ujar Kabareskrim Polri Irjen Arief Sulistyanto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (23/8/2018).

Arief menuturkan, langkah penyelidikan ditempuh oleh Bareskrim Polri karena pihaknya sudah berulang kali memberikan peringatan agar kepala kepolisian satuan wilayah menghindari pungli.

Baca  HUT TNI Ke 73 Kapolres Berikan Kado Istimewa

Arief yang juga mantan Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia itu menuturkan, “Ini sudah berkali-kali diingatkan, kami semua pernah jadi Kapolres, kami tidak pernah melakukan itu. Makanya ini kami kaget ada lagi.”

Sementara Irjen Setyo Wasisto selaku Kadiv Humas Polri mengatakan, kasus tersebut tengah ditangani Divisi Profesi dan Pengamanan (Div Propam) Polri. 

Diduga Terlibat Pungli SIM, Kapolres Kediri Terancam Kejahatan Korupsi. (Ilustrasi Kepolisian)
Diduga Terlibat Pungli SIM, Kapolres Kediri Terancam Kejahatan Korupsi. (Ilustrasi Kepolisian)

Setyo menambahkan, Penyelidikan dilakukan untuk mengusut terkait bentuk dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Erick. Dan akan diteliti kasusnya termasuk tindak pidana atau bukan.

“Nanti akan diteliti apakah akan masuk ranah pidana atau etik, semua ada kemungkinannya,” kata Setyo.

Baca  Pawai Budaya Yang Diikuti Ratusan Anak PAUD Dan TK Sisakan Masalah

Tak lupa Setyo menuturkan, bahwa kasus yang menjerat Erick ini agar menjadi pengingat bagi seluruh anggota Polri yang menjabat sebagai kepala kepolisian satuan wilayah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.


Selain itu, Setyo juga meminta masyarakat untuk melaporkan atau memberikan informasi jika ada oknum polisi yang melakukan pungli saat melayani masyarakat. Laporan tersebut dapat dilayangkan ke Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum), Div Propam, atau tim Saber Pungli Polri.

“Saya harapkan juga masyarakat beri informasi, kalau merasa dilayani dan ada pungutan lebih, kami ada mekanisme, masyarakat bisa menyampaikan,” ucap Setyo.

Dan semoga kasus yang menjerat Kapolres Kediri yang diduga terlibat pungli SIM ini segera menemui titik terang, dan pelayanan terbaik dapat dirasakan oleh masyarakat. (rnd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PilihanLeft Menu Icon