Home » Terkini » Erupsi Gunung Bromo Diminati Wisatawan Asing dan Domestik Untuk Melihat Semburan Material Vulkanik
Erupsi Gunung Bromo Diminati Wisatawan Asing dan Domestik Untuk Melihat Semburan Material Vulkanik (Foto: Risty)

Erupsi Gunung Bromo Diminati Wisatawan Asing dan Domestik Untuk Melihat Semburan Material Vulkanik

QARAO.com, Probolinggo – Meski hingga kini Gunung Bromo, tetap mengeluarkan asap cokelat disertai abu vulkanis tipis.

Namun geliat wisatawan, yang berkunjung ke obyek wisata alam setempat masih cukup tinggi.

Hal itu terlihat, dari adanya sejumlah wisatawan lokal hingga mancanegara, yang tetap berkunjung ke gunung tercantik di Jawa Timur itu.

Erupsi Gunung Bromo Diminati Wisatawan Asing dan Domestik Untuk Melihat Semburan Material Vulkanik (Foto: Risty)

Seperti yang dilakukan, Maria (36) wisatawan mancanegara asal Jerman. Baginya sangat mengesankan, bisa berlibur ke Gunung Bromo dimana saat ini tengah mengeluarkan asap dan abu.

“It’s so amazing, I can look Bromo Mountain eruption. This is a wonderful experience to me, when come to Bromo (Ini sangat luar biasa, saya bisa melihat bromo saat erupsi. Tentunya ini pengalaman sangat mengagumkan, saya datang ke Bromo),”ungkapnya, Minggu 17 Maret 2019.

Baca Juga  Gubernur NTB, Zulkieflimasyah Sindir Bupati Soal Sampah Lewat Medsos.

Senada dikatakan Lisa (28), wisatawan asin lainnya. Ia mengaku senang bisa berlibur di Bromo, karena selain pemandangan alamnya yang indah. Adanya ojek kuda dan Pura di Kaldera Bromo, menambah keeksotikan obyek wisata setempat.


Erupsi Gunung Bromo Diminati Wisatawan Asing dan Domestik Untuk Melihat Semburan Material Vulkanik (Foto: Risty)

Sebagai informasi, dari data PVMB periode pengamatan Sabtu 16-03-2019 pukul 24. 00 WIB, Gunung Bromo dengan ketinggian 2329 Mdpl, secara visual cuaca cerah, mendung dan hujan.

Angin bertiup lemah ke arah utara, timur laut, timur, barat dan barat laut. Suhu udara 12-21 C, kelembaban udara 0-0 %, dan tekanan udara 0-0 mmHg. Volume curah hujan 3. 2 mm per hari. Gunung Api terlihat jelas hingga kabut 0-III.

Baca Juga  Gempa Subduksi Iringi Keluarnya Abu Vulkanik Gunung Bromo

Teramati asap kawah bertekanan lemah, sedang hingga kuat teramati berwarna putih, kelabu, dan coklat dengan intensitas tipis, sedang, hingga tebal dan tinggi 50-1500 m di atas puncak kawah.

Hujan abu disekitar PPGA bromo, dan secara kegempaan Tremor Menerus (Microtremor) terekam dengan amplitudo 0. 5-8 mm (dominan 2 mm).

. (Risty)

TerkiniLeft Menu Icon