Hasil Tes Kesehatan Jokowi-Ma'ruf Diserahkan ke KPU Paling Telat Lusa. (Foto: Pradita Utama/detik.com)
Hasil Tes Kesehatan Jokowi-Ma'ruf Diserahkan ke KPU Paling Telat Lusa. (Foto: Pradita Utama/detik.com)

Hasil Tes Kesehatan Jokowi-Ma’ruf Diserahkan ke KPU Paling Telat Lusa

QARAO.com, Jakarta – Pasangan bakal capres-cawapres Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin dijadwalkan untuk menjalani tes kesehatan pada hari ini, Minggu 12/8/2018 di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Jokowi dan KH Ma’ruf Amin akan menjalani serangkaian tes kesehatan mulai dari mata, telinga, gigi, hingga organ dalam. Pemeriksaan kesehatan berlangsung cukup lama, dan diperkirakan akan memakan waktu kurang lebih 12 jam.

Sesuai jadwal pemeriksaan kesehatan yang telah ditentukan oleh KPU, pasangan bakal capres-cawapres Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin berlangsung pada hari Minggu. Sementara pasangan Prabowo-Sandi dijadwalkan untuk menjalani tes kesehatan keesokan harinya, Senin (13/8/2018)

Usai melakukan tes kesehatan, tim dokter yang melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap bakal capres-cawapres berkomitmen segera menyerahkan hasil pemeriksaan ke KPU. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengatakan, hasil pemeriksaan harus disampaikan ke KPU paling lambat 2 hari setelah tes kesehatan selesai.

Baca  Desa Sukagumiwang Tingkatkan Kualitas Perempuan Melalui P2WKSS
Hasil Tes Kesehatan Jokowi-Ma'ruf Diserahkan ke KPU Paling Telat Lusa. (Foto: Pradita Utama/detik.com)
Hasil Tes Kesehatan Jokowi-Ma’ruf Diserahkan ke KPU Paling Telat Lusa. (Foto: Pradita Utama/detik.com)

“Hasil pemeriksaan sendiri paling lambat harus disampaikan kepada KPU RI dua hari setelah pemeriksaan selesai dilakukan,” kata Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Ilham Oetama Marsis saat konferensi pers di RSPAD Gatot Soebroto, Jakpus, Minggu (12/8/2018).

Menurut Ilham, hasil tersebut berupa kesimpulan calon tersebut mampu atau tidak mampu secara jasmani dan rohani, serta positif atau negatif penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya. Hasil pemeriksaan akan diserahkan setelah melalui rapat pleno seluruh tim dokter.

“Diharapkan pemeriksaan dapat berjalan lancar dan dan hasilnya dapat segera disampaikan oleh tim kepada KPU. Kewenangan menyampaikan hasil dan keputusan selanjutnya menjadi kewenangan KPU RI,” ucapnya.

Baca  VIDEO: Terobos Paspampres, Siswa SMP Berikan Gitar ke Presiden Jokowi, Siswa: Gitar Buatan Ayah

Pemeriksaan kesehatan capres-cawapres tercantum dalam SK KPU Nomor 1004 Tahun 2018 tentang Panduan Teknis Penilaian Kemampuan Rohani dan Jasmani Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Dalam Pemilu 2019.

Sementara itu, Abdul Kadir Karding yang merupakan Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meyakini pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin akan lolos tes kesehatan. 

Abdul mengatakan hal itu untuk menanggapi tudingan akan kondisi kesehatan calon wakil presiden Ma’ruf Amin, yang telah memasuki usia 75 tahun. “Itu framing (soal kondisi kesehatan Ma’ruf Amin) sudah dibuat, saya tidak boleh menuduh siapa yang membuat, tetapi setahu saya Kiai Ma’ruf itu masih sangat energik,” ujar Abdul, saat ditemui di Posko Cemara 19, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (12/8/2018).

Abdul menambahkan, kondisi kesehatan KH Ma’ruf Amin masih bugar dan siap untuk mendampingi Jokowi selama lima tahun mendatang. “Saya kan tahu keseharian beliau, karena beliau masih muter ke luar kota untuk pengajian dan seterusnya,” tutur Abdul. (Virendra)

Selanjutnya

Tol Terpeka, Tol Terpanjang di Indonesia Resmi Beroperasi. (foto: kompas)

Tol Terpeka, Tol Terpanjang di Indonesia Resmi Beroperasi

QARAO.com, Jakarta – Jalan tol terpanjang di Indonesia, Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Tol Terpeka), yang …

7E8493A8 A277 487D BB01 311BB6838FE9

Pelaku Penyiram Air Keras Ditangkap di Jakarta Barat, Begini Tampangnya

QARAO.com, Jakarta – Pelaku penyiraman air keras di Kebon Jeruk dan Kembangan, Jakarta Barat, telah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Minggu, 16 Februari 2020