Home » Inform » Hiu Tutul Kembali Masuk Intake Kanal PLTU Paiton
Hiu Tutul Kembali Masuk Intake Kanal PLTU Paiton. (Foto: Risty)
Hiu Tutul Kembali Masuk Intake Kanal PLTU Paiton. (Foto: Risty)

Hiu Tutul Kembali Masuk Intake Kanal PLTU Paiton

QARAO.com, Probolinggo – Kembali Seekor Hiu Paus dikabarkan terjebak, di kanalPembangkit Listrik Tenaga Uap, Paiton, Kabupaten Probolinggo.

Terjebaknya Hiu Paus, diperkuat dengan adanya unggahan video di You Tube oleh akun bernama Robex TV sekitar 3 hari lalu. Dalam video, nampak Hiu terjebak di saluran air PLTU Paiton, dan menjadi tontonan pegawai PLTU.

Kasi Program dan Evaluasi BPSPL, Kementrian Kelautan Perikanan, Permana Yudiarso membenarkan, adanya Hiu Paus yang masuk ke areal obyek vital nasional tersebut.

Hal itu setelah, pihak BPSPL melakukan pengamatan langsung pada Kamis (12/9/2019). Dalam pengamatan selama 1,5 jam, diketahui ada Hiu Paus berukuran 4,5 meter yang terjebak di saluran air (inlet) 8 PLTU Paiton.

Baca  Sejak Dibuka Posko Pengaduan Warga Kota Probolinggo Berada di Wamena, Ratusan Warga Melapor

“Hasil pengamatan kami, Hiu Paus yang terjebak beberapa kali berupaya keluar saluran air PLTU. Namun karena arusnya cukup kencang, akhirnya Hiu kembali lagi,”terang Permana via selulernya.

Hiu Tutul Kembali Masuk Intake Kanal PLTU Paiton. (Foto: Risty)
Hiu Tutul Kembali Masuk Intake Kanal PLTU Paiton. (Foto: Risty)

Lanjut Permana, guna membantu Hiu agar terbebas dari saluran air PLTU Paiton. BPSPL sempat menggunakan cara penyinaran cahaya ke bagian mata Hiu, namun hasilnya kurang efektif. Begitupun menggunakan “Teknik Seblang” (Memukul-mukul air disekitar Hiu, untuk digiring).

“Setelah pengamatan, Hari Jum’at 13 September 2019. Kami langsung lakukan rapat bersama Tim terpadu KKP dari BPSPL dan PSDKP Probolinggo, serta Pihak PJB Paiton dari YTL dan Pomi. Dan hasilnya, disepakati dilakukan pemindahan Hiu Paus pada Sabtu 14 September 2019, dari saluran air Inlate 8 namun tak berhasil. Tim hanya bisa menggiring saja ke Inlate 3,”tukas Permana.

Baca  Satreskoba Polres Probolinggo Tangkap Pecatan Polisi Edarkan Sabu Dan Komplotannya

Permana menjelaskan, hingga Senin (16/9/2019), pihak KKP bersama PJB Paiton masih terus berupaya mencari cara terbaik, guna mengevakuasi hewan laut yang dilindungi tersebut.

Sementara pihak PJB PLTU Paiton sendiri, sampai kini belum memberikan keterangan resminya terkait masuknya hewan laut dilindungi itu, ke saluran Inlate 8 pembangkit listrik tenaga uap PLTU Paiton.

[risty]

— via qarao-post

Selasa, 12 November 2019