Home » Terkini » Ibu Kota Indonesia Pindah Ke Kalimantan, Di Kota Mana?
Ibu Kota Indonesia Pindah Ke Kalimantan, Di Kota Mana? (Foto: istimewa)
Ibu Kota Indonesia Pindah Ke Kalimantan, Di Kota Mana? (Foto: istimewa)

Ibu Kota Indonesia Pindah Ke Kalimantan, Di Kota Mana?

QARAO.com, Jakarta – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo memastikan ibu kota negara akan pindah ke Kalimantan. Wilayah ini dinilai memiliki sarana dan prasana serta infrastruktur yang dibutuhkan untuk ibu kota baru. Orang nomor satu itu pernah melihat langsung lokasi di Kalimantan Timur atau Kalimantan Tengah dalam rangka survei lokasi.

Belum ada keputusan wilayah

Selain karena lahan yang luas dan relatif aman bencana, Kalimantan menjadi pilihan agar ibu kota berada di tengah, Indonesia-sentris, dan seimbang terhadap seluruh wilayah Indonesia. Namun hingga saat ini, pemerintah belum memutuskan secara pasti wilayah Kalimantan mana yang akan menjadi ibu kota baru Indonesia.

Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas, Rudy S Prawiradinata mengatakan di mana pun nanti ibu kota baru akan terpilih, Kalimantan akan mendapatkan dampak pertumbuhan secara kewilayahan yang sangat signifikan. Kementerian PPN/Bappenas telah mengukur dampak ekonomi pemindahan ibu kota dan melakukan modeling. Ada tiga kandidat, yaitu: Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur.

Baca  Nomor Urut Pilpres, Jokowi: Nomor 1 atau 2 Alhamdulillah, Syukuri Saja

Wilayah yang sudah disurvei

Pertama Bukit Soeharto di Kutai Kartanegera, Kalimantan Timur. Jokowi melirik daerah ini karena areanya luas dan dekat dengan Tol Samarinda – Balikpapan.

Jokowi mengatakan di Balikpapan ada airport-nya, Samarinda ada airport, sehingga tidak perlu membuat airport lagi. Pelabuhan juga sudah ada. Artinya itu akan banyak menghemat biaya. Selain Bukit Soeharto, Jokowi juga melirik Kalimantan Tengah. Ada sebuah daerah di Kalimantan Tengah yang menarik perhatiannya. Lokasi ini disebut sebagai kawasan segitiga di Kalimantan Tengah.

“Lokasinya di antara Palangkaraya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Gunung Mas,” tulis Jokowi di akun Instagramnya @jokowi.

Baca  VIDEO: Malea Emma, Bocah Berdarah Indonesia Ukir Sensasi di Amerika Serikat

Dia mengatakan bahwa lokasi tersebut siap menjadi ibu kota negara yang baru. Jika dilihat dari luas kawasan, daerah ini paling siap. “Butuh 300 ribu hektare pun lebih siap,” kata Jokowi.

Ibu Kota Indonesia Pindah Ke Kalimantan, Di Kota Mana? (infografis. Foto: cnbcindonesia.com)
Ibu Kota Indonesia Pindah Ke Kalimantan, Di Kota Mana? (infografis. Foto: cnbcindonesia.com)

Infrastruktur Akan Menyesuaikan

Sarana utilitas yang dibutuhkan Ibu Kota Negara terdiri atas saluran multifungsi, sarana penerangan, air bersih dan minum, listrik, jalan, dan sejumlah sarana utilitas lainnya. Sedangkan untuk gedung perkantoran yang dibutuhkan dalam konsep pengelolaan ibu kota negara antara lain gedung-gedung untuk lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Presiden RI Joko Widodo nantinya akan menentukan lokasi ibu kota baru pada tahun ini. Targetnya, groundbreaking ibu kota baru dilaksanakan pada 2021, dilanjutkan pemindahan setidaknya kawasan inti pada 2024.

Baca  Pemilu 2019,Partai Golkar Targetkan Kursi Sebanyak Banyaknya

Tidak Tergesa-gesa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tidak ingin tergesa-gesa dalam memutuskan lokasi ibu kota baru. Menurutnya, keputusan soal lokasi pemindahan ibu kota baru tersebut akan disampaikan pada Agustus mendatang.

“Memang dari dulu sudah saya sampaikan, pindah ke Kalimantan. Nah Kalimantannya, Kalimantan yang mana? Nanti kita sampaikan Agustus,” ujar Jokowi di kawasan wisata The Kaldera Toba, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, (30/7/2019) malam.

“Kajiannya belum rampung, belum tuntas. Nanti kalau sudah rampung, sudah tuntas, dan detailnya sudah dipaparkan (seperti) kajian kebencanaan seperti apa, mengenai air, mengenai keekonomian, mengenai demografinya, masalah sosial politik, pertahanan keamanan. Semuanya memang harus komplet,” lanjutnya.

Meski demikian, ia berharap agar keputusan terkait lokasi pemindahan ibu kota ini dapat secepatnya diambil.

Jum'at, 20 September 2019