Home » Terkini » Imunisasi Difteri, Anak-anak pun Berebut Minta Gendong Babinsa
Imunisasi Difteri Anak-anakpun Berebut Minta Gendong Babinsa (Foto: Risty)

Imunisasi Difteri, Anak-anak pun Berebut Minta Gendong Babinsa

QARAO.com, Probolinggo – Giliran Babinsa wilayah Kota Probolinggo yang mendampingi para pekerja kesehatan dalam memberikan imunisasi difteri. Imunisasi ini merupakan pemberian tahap ketiga kalinya.

Bertempat di Posyandu Alamanda yang beralamat jalan Ahmad Dahlan RW 05 Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo.

dr. Trisna Ramadhani mengkoordinir penanganan imunisasi difteri bersama lima orang kadernya. Dengan permasalahan wilayah perkotaan lebih kompleks maka pola pendampingan Babinsa menjadi syarat utama.

Untuk wilayah perkotaan, satu kelurahan terdiri dari dua Babinsa. Sama halnya dengan di Kebonsari Kulon yaitu Serka Rudianto dan Koptu Mochammad Yahya. Senin (10/12/2018).

Baca  SMPN 10 Raih Juara Pertama Lomba Seni Patung

Sebelum digelar, dilaksanakan briefing singkat untuk pekerjaan. Kesemua terbagi habis dan saling dukung. Pola pendampingan bisa dikatakan menjadi pola melayani.

Imunisasi Difteri, Anak-anak pun Berebut Minta Gendong Babinsa (Foto: Risty)
Imunisasi Difteri, Anak-anak pun Berebut Minta Gendong Babinsa (Foto: Risty)

“Tidak ada masalah bagi kami, daripada hanya diam mengamati mereka, baiknya ikut membantu dalam pelayanan”, kata Serka Rudianto.

Mulai mengawasi tata administrasi, penimbangan berat badan dan tinggi badan sampai dengan pemberian imunisasi difteri kedua Babinsa ini turut berkecimpung.

Imunisasi Difteri, Anak-anak pun Berebut Minta Gendong Babinsa (Foto: Risty)
Imunisasi Difteri, Anak-anak pun Berebut Minta Gendong Babinsa (Foto: Risty)

“Kita ingin juga bisa bercengkrama dengan warga binaan, tidak harus selamanya dibawa dengan kaku”, saat membujuk seorang anak agar mau ikut dengan Koptu Yahya. Justru tertawa, dan meminta digendong oleh dua Babinsa tersebut, perasaan senang terlepas dari garis bibir anak tersebut.

Baca  Kendaraan Ditilang Gunakan Knalpot Brong Boleh Diambil Setelah Pelaksanaan Sidang Usai Tahun Baru

Sesungguhnya, jumlah anak yang mendapatkan imunisasi difteri tahap tiga di Posyandu Alamanda adalah 81 anak namun baru bisa terlaksana 21 anak untuk hari ini. Akan terus berlanjut sesuai target sehingga benar-benar terlepas anak-anak dari warga RW 05 ini dari penyakit difteri.

Aktivitas kesehatan yang dimulai pukul. 09. 30 WIB dan semuanya berjalan lancar. Akan diberitahukan jadwal berikutnya untuk menutup kekurangan yang belum mendapatkan imunisasi.

Difteri ini pernah ditemukan pada pertengahan tahun 2017 sehingga mendapat perhatian serius dari pemerintah agar tidak mewabah atau menjadi endemi di wilayah Indonesia. (Risty)

Selasa, 20 Agustus 2019