Home » Inform » Ini Cerita Mengamankan 2 Anggota Komunitas Literasi Vespa Dan Buku Tentang Biografi Tokoh PKI
Ini Cerita Mengamankan 2 Anggota Komunitas Literasi Vespa Dan Buku Tentang Biografi Tokoh PKI. (Foto: Risty)
Ini Cerita Mengamankan 2 Anggota Komunitas Literasi Vespa Dan Buku Tentang Biografi Tokoh PKI. (Foto: Risty)

Ini Cerita Mengamankan 2 Anggota Komunitas Literasi Vespa Dan Buku Tentang Biografi Tokoh PKI

QARAO.com, Probolinggo – Kronologi diamankannya dua pemuda di Kabupaten Probolinggo, lantaran menyediakan buku biografi tentang D. N Aidit, di lapak baca yang mereka gelar di Alun-alun Kraksaan, berawal dari adanya aduan masyarakat.

Dari informasi dihimpun awak media, setelah mendapati aduan anggota Unit Intel Kodim 0820, Probolinggo dan Polsek Kraksaan, langsung mendatangi lapak dimaksud. Tiba di lokasi, diketahui jika lapak baca digelar oleh komunitas vespa literasi.

Selain itu, petugas juga mendapati buku yang diadukan warga. Dimana ditemukan beberapa buku, yang berisi tentang D. N Aidit. Guna pemeriksaan, 2 pemuda yang menjaga lapak baca lantas diamankan petugas ke Mapolsek, Kraksaan.

Baca  Dandim 0820 Probolinggo Hadiri Jagongan Kamtibmas Bersama Para Pendekar dan Kapolresta Probolinggo

Keduanya adalah Muntasir Billah alias Momon (24) warga Desa Jati Urip, Kecamatan Krejengan, dan Saiful Anwar (25) Warga Desa Bago, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo.

Tak hanya penjaganya, petugas juga menyita sejumlah buku tentang D. N Aidit, yang merupakan tokoh PKI (Partai Komunis Indonesia). Setidaknya ada 4 buku yang diamankan petugas, diantaranya; ‘Aidit Dua Wajah Dipa Nusantara’ diterbitkan oleh KPG ( Kepustakaan Populer Gramedia ), alamat Gedumg Kompas Gramedia Blok 1 Lt 3 jln Palmerah Barat 29 – 37 Jakarta 10270; ‘Sukarno Marxisme Dan Leninisme Akar Pemikirian Kiri Dan Revolusi Indonesia’ diterbitkan Komunitas Bambu jln Pala no 48 Beji Timur Depok; Serta ‘Menempuh Jalan Rakyat, D. N Aidit’ diterbitkan oleh Yayasan Pembaharuan Jakarta; ‘Sebuah Biografi Ringkas D. N Aidit’ oleh TB 4 Saudara.

Baca  Serda Firdaus Dampingi Bidan Desa Dalam Kegiatan Posyandu Melati Khusus Lansia
Ini Cerita Mengamankan 2 Anggota Komunitas Literasi Vespa Dan Buku Tentang Biografi Tokoh PKI. (Foto: Risty)
Ini Cerita Mengamankan 2 Anggota Komunitas Literasi Vespa Dan Buku Tentang Biografi Tokoh PKI. (Foto: Risty)

Dari informasi diterima petugas, sejumlah buku menyangkut PKI berasal dari sumbangan para donatur dan rekanan. Buku-buku sumbangan sendiri, kemudian diletakkan di lapak baca, agar masyarakat bisa membaca dan meminjam secara gratis.

Setelah lapak baca usai, sejumlah buku biasanya dititipkan ke Kafe Punakawan dan Kafe Matara, yang beralamat di Kampung arab Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan. Diketahui hingga kini, buku yang telah dikoleksi ada sekitar 100 buah.

Kapolsek Kraksaan, Kompol Joko Yuwono menyebut, atas diamankannya buku berbau faham komunis itu, petugas masih melakukan pengembangan. Dua pemuda yang sempat dibawa ke Mapolsek Kraksaan, menurut Joko sudah dipulangkan usai dimintai keterangan.

Baca  VIDEO: Sempat Disegel Karena Terjadi Kecelakaan Kerja, Pabrik Kayu Di Probolinggo Kembali Beroperasi

“Untuk bukunya tentu kita amankan, kalo dua penjaga lapak kita lepaskan, hingga ada perkembangan lebih lanjut,” jelas Joko via selulernya, Senin (29/7/2019).

Lanjut Joko menyebut, jika kedua penjaga lapak tetap diperbolehkan menggelar lapak baca, dengan catatan tidak menyediakan buku berpaham komunis.

[risty]

Minggu, 8 Desember 2019