Home » Global » Inilah Puluhan Negara yang Militernya Dilatih oleh China
Inilah Puluhan Negara yang Militernya Dilatih oleh China. ©Rwandan President's Office / Handout - Anadolu Agency
Inilah Puluhan Negara yang Militernya Dilatih oleh China. ©Rwandan President's Office / Handout - Anadolu Agency

Inilah Puluhan Negara yang Militernya Dilatih oleh China

QARAO.com, Jakarta – Selama beberapa dekade kehadiran China di Afrika lebih memprioritaskan kerja sama ekonomi, komersil, dan operasi militer penjaga perdamaian. 

Inilah Puluhan Negara yang Militernya Dilatih oleh China. ©Rwandan President's Office / Handout - Anadolu Agency
Inilah Puluhan Negara yang Militernya Dilatih oleh China. ©Rwandan President’s Office / Handout – Anadolu Agency

Namun Beijing kini tengah membangun hubungan militer yang lebih luas di Afrika untuk melindungi aset negara dan meraih pengaruh geopolitik yang lebih luas.

Pada Juni tahun lalu para pejabat militer dari Mali, Sierra Leone, Sudan Selatan, dan puluhan perwakilan negara Afrika lainnya berkumpul untuk membahas ancaman dan strategi keamanan dan pertahanan.

Pertemuan itu tidak digelar di Afrika tapi ribuan kilo meter jauhnya, yakni di Beijing, China.

Sebanyak 22 negara di Afrika mendapat pasokan senjata dari China dalam beberapa tahun terakhir, di antaranya Ghana, Kenya, Tanzania, dan Zambia.

Selain itu beberapa negara di Afrika juga mendapat pelatihan militer dari China, negara mana sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini seperti dilansir dari South China Morning Post dan beberapa sumber lain:


Rwanda

Baca  CEO Facebook Mark Zuckerberg Akan Gabungkan WhatsApp, Instagram dan Facebook Messenger

Tentara Rwanda yang dilatih oleh militer China Kamis lalu berparade di Stadion Nasional Amahoro di Ibu Kota Kigali dalam peringatan 25 tahun pembebasan dari genosida suku mayoritas Hutu terhadap suku Tutsi. 

Inilah Puluhan Negara yang Militernya Dilatih oleh China. ©Rwandan President's Office / Handout - Anadolu Agency. (newtimes.co.rw)
Inilah Puluhan Negara yang Militernya Dilatih oleh China. ©Rwandan President’s Office / Handout – Anadolu Agency. (newtimes.co.rw)

Tentara Rwanda dalam parade itu bahkan mendapat aba-aba dalam bahasa Mandarin.

Stasiun televisi China, CCTV, melaporkan, untuk pertama kalinya parade militer di Rwanda itu bergaya China dan menyerukan slogan berbahasa Mandarin.

April lalu Angkatan Bersenjata Rwanda mengundang personel Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China untuk memimpin latihan militer bagi tentara Rwanda dan polisi.

Enam instruktur dari China melatih hampir 2000 pasukan keamanan Rwanda untuk tampil dalam parade militer.


Baca  Sindir Pemerintah di Dunia Maya, Rakyat Arab Saudi Akan Dipenjara 5 Tahun

Instruktur dari PLA, Liu Baoxin mengatakan kepada CCTV, tentara dan polisi Rwanda menjalani pelatihan selama delapan jam sehari sesuai yang dilakukan militer China.

“Hari ini penampilan mereka melebihi harapan kami dan sudah memenuhi standar pelatihan kami. Kami sangat puas dengan penampilan mereka,” kata Liu Baoxin.

China dalam beberapa tahun belakangan memperluas hubungan erat mereka dengan benua Afrika baik melalui perdagangan dan investasi serta penjualan senjata. 

Rwanda sebagai salah satu negara termiskin di dunia rutin membeli senjata dari China, termasuk rudal pertahanan udara dan kendaraan militer.

Tanzania

Di Tanzania, perusahaan BUMN China, China Merchants Holding International, berharap bisa berinvestasi di proyek pembangunan pelabuhan raksasa Bagamoyo. 

Inilah Puluhan Negara yang Militernya Dilatih oleh China. ©Rwandan President's Office / Handout - Anadolu Agency. (irmct)
Inilah Puluhan Negara yang Militernya Dilatih oleh China. ©Rwandan President’s Office / Handout – Anadolu Agency. (irmct)

China telah membangun sebuah kompleks untuk melatih pasukan keamanan lokal tahun ini.

Baca  Suhu 100 Juta Derajat Celcius, Matahari Buatan China Panasnya 6 Kali dari Inti Bumi

Forum keamanan dan Pertahanan China-Afrika dan melalui akhir Juni lalu mengatakan mereka akan memberikan dukungan penuh dalam memerangi kontra-terorisme. 


Dukungan itu termasuk memberikan teknologi, peralatan, personel dan nasihat serta liputan media.

Djibouti

Pada 2017 China membangun pangkalan militer di Djibouti. PLA menyebut pembangunan pangkalan itu sebagai bentuk dukungan dan operasi penjaga perdamaian di Sudan Selatan serta bantuan kemanusiaan selain menggelar pelatihan militer dan operasi intelijen.

Inilah Puluhan Negara yang Militernya Dilatih oleh China. ©Rwandan President's Office / Handout - Anadolu Agency. (foto: scmp.com)
Inilah Puluhan Negara yang Militernya Dilatih oleh China. ©Rwandan President’s Office / Handout – Anadolu Agency. (foto: scmp.com)

Pangkalan militer itu juga bisa melindungi warga China dan kepentingan Negeri Tirai Bambu lain di Afrika. (merdeka.com)

GlobalLeft Menu Icon