Home » Populer » Inilah Tradisi Setan Melompati Bayi “El Salto del Colacho”

Inilah Tradisi Setan Melompati Bayi “El Salto del Colacho”

Inilah Tradisi Setan Melompati Bayi “El Salto del Colacho”

QARAO.com, Spanyol – Pada umumnya, kita selalu mengidentikkan setan dengan hal yqng menyeramkan. 

Uniknya, sebuah desa di Spanyol malah punya tradisi setan melompati bayi untuk mengusir segala hal buruk. Setan yang dimaksud tentu bukan setan sungguhan. 

Tradisi unik ini disebut juga El Salto del Colacho yang dilaksanakan empat hari setelah Perayaan Corpus Christi, atau 60 hari sesudah Paskah.

Setiap tahunnya, Desa Castrillo de Murcia di bagian utara Spanyol merayakan tradisi setan melompati bayi. Pada pelaksanaan tradisi ini, beberapa laki-laki akan dihias menjadi El Colacho atau sang setan dengan mengenakan kostum berwarna merah dan kuning.

Baca  VIDEO: Kontroversi Video Viral Hambur - Hamburkan Uang, Satreskrim Polresta Probolinggo Masih Melakukan Penyelidikan Kepastiannya

Sang El Colacho pun punya tugas yang tidak biasa, yaitu melompati sederetan bayi yang telah dibaringkan di lantai beralas kain. 


Inilah Tradisi Setan Melompati Bayi “El Salto del Colacho”. (Foto: nationalgeographic.ca)
Inilah Tradisi Setan Melompati Bayi “El Salto del Colacho”. (Foto: nationalgeographic.ca)

Masyarakat Spanyol percaya bahwa tradisi tersebut adalah untuk mengusir roh jahat yang ada pada sang bayi. El Colacho yang melambangkan setan pun dipercaya dapat mengusir roh jahat dengan cara melompati bayi yang dijajarkan.

Sebelum sang setan memulai lompatan, sejumlah pemuda berpakaian hitam akan membunyikan drum yang menandakan bahwa setan telah bersiap-siap untuk melompat. 

Setelah drum berbunyi, lompatan pun dilakukan. Selain untuk keselamatan bayi, tradisi setan melompati bayi itu pun juga dipercaya dapat mengusir segala bencana dari desa tempat dilangsungkannya upacara tersebut.

Baca  Pernikahan Gadis Cantik Dengan Seekor Anjing
Saat sang setan melompati jajaran bayi. (Foto: gettyimages.es)
Saat sang setan melompati jajaran bayi. (Foto: gettyimages.es)

Sebelum El Colacho melompati bayi-bayi yang dijajarkan itu, terlebih dahulu harus mendapat izin dari orangtua sang bayi. Setiap orang tua yang berkenan, boleh mendaftarkan bayinya untuk dilompati El Colacho.

Tradisi Setan Melompati Bayi telah berkembang di Spanyol sejak tahun 1620. Paus Benediktus XVI sendiri telah meminta pastor di Spanyol untuk tidak ikut-ikutan tradisi yang terkenal unik itu, sekalipun tradisi tersebut telah ada sejak lama.

Hebatnya, walaupun terdengar membahayakan keselamatan bayi, namun belum pernah ada laporan kecelakaan saat tradisi El Salto del Colacho berlangsung selama ratusan tahun.


Atas tradisi unik tersebut, Desa Castrillo de Murcia kebanjiran wisatawan yang penasaran ingin melihat langsung bagaimana aksi setan saat melompati jajaran bayi mungil tersebut.

Baca  Lahir Jelang Derbi Milan, Bayi Ini Diberi Nama Derby Della Madonnina

Bagaimana, anda tertarik ingin menyaksikannya juga? Selamat berlibur.

– Virendra –

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PopulerLeft Menu Icon