Home » Terkini » Jalan Lumajang – Malang Tertutup, Akibat Pohon Tumbang
Jalan Lumajang - Malang Tertutup, Akibat Pohon Tumbang (Foto: Fuad)

Jalan Lumajang – Malang Tertutup, Akibat Pohon Tumbang

QARAO.com, Lumajang – Jalur Kabupaten Lumajang menuju Kabupaten Malang begitu sebaliknya, sudah bisa dilalui, biarpun dengan menggunakan sostem buka tutup untuk roda 2 dan roda 4.

Dan sampai saat ini masih dalam penanganan oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang.

Dari data yang dikirimkan Plt Sekretaris BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo, mengatakan kepada media ini, melaporkan adanya bencana pohon tumbang di Jalan Raya Dampit-Lumajang km 59, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, lebih tepatnya titik koordinat -8. 180552, 113. 022439, sekitar pukul : 02. 05 WIB dini hari tadi oleh Badan Penanggulangan Bencana Deerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, pagi tadi.

Baca  VIDEO: Polsek Sidemen Bali Bagikan Cokelat Valentine Bagi Siswa Berpakaian Adat dan Mengenakan Helm

Dari data yang diperoleh awak media, bahwa pada Selasa (13/11) sore kemarin hujan turun dengan intensitas tinggi.

Dan pada pukul 02. 05 WIB dini hari pohon tumbang diameter 130 cm dan menutup total akses jalan R2 dan R4 arah Pronojiwo Sumberwuluh (jalur utama Lumajang-Malang via Selatan).

Pukul 02. 30 WIB TRC PB BPBD Kabupaten Lumajang tiba dilokasi untuk melakukan penanganan dan berkordinasi dengan aparat terkait beserta warga dan pengguna jalan lain.

Pukul 04. 45 WIB Tim 2 TRC PB BPBD Kabupaten Lumajang tiba di lokasi untuk membantu proses pemotongan dan penanganan pohon karena besarnya berkisar diameter 250cm jins Bendo.

Baca  Tanggal 21 dan 22 Mei, Massa 212 akan Gelar Buka Puasa Akbar di KPU
Jalan Lumajang – Malang Tertutup, Akibat Pohon Tumbang (Foto: Fuad)

Pukul 04. 50 WIB Update dari personel dilokasi untuk R2 sudah bisa lewat. Pohon masih dalam penanganan oleh TRC Lumajang, aparat terkait dan warga.

Afan, salah seorang warga sekitar mengatakan jika hujan intensitas tinggi dan pohon sudah tua. Akhirnya akses Jalan Pronojiwo Sumberwuluh atau jalur utama Lumajang-Malang via Selatan tertutup total.

Dan dikatakan Samsul, tidak ada korban jiwa dan material, alias nihil.

Pantauan awak media, bahwa upaya yang dilakukan yaitu TRC PB BPBD Lumajang mendatangi lokasi kejadian dan melakukan pemotongan dan pembersihan.

BPBD telah berkoordinasi dengan aparat TNI, POLRI candipuro serta perangkat terkait dan warga pengguna jalan.

Baca  Ditangkap Bawa Clurit Untuk Keamanan, Puluhan Warga Desa Terlibat Adu Mulut Dengan Polisi

“BPBD telah berkoordinasi dengan para Relawan dilokasi juga berkoordinasi dengan personel Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang serta PLN,” katanya.

Reporter : fua Editor : Publiser :

. (Fuad)

Selasa, 20 Agustus 2019