Home » Inform » Kathutla Bersama Polres Gelar Antisipasi Kebakaran Hutan
Kathutla Bersama Polres Gelar Antisipasi Kebakaran Hutan. (Foto: Risty)
Kathutla Bersama Polres Gelar Antisipasi Kebakaran Hutan. (Foto: Risty)

Kathutla Bersama Polres Gelar Antisipasi Kebakaran Hutan

QARAO.com, Probolinggo – Mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Probolinggo melakukan patroli bersama di sejumlah titik rawan kebakaran.

8 Polsek jajaran, ikut terlibat dalam antisipasi kebakaran tersebut. Diantaranya Polsek Banyuanyar, Kuripan, Pakuniran, Lumbang, Kotaanyar, Krucil, Maron dan Tiris. Mereka menggelar patroli di daerahnya masing-masing, yang rawan terjadinya kebakaran.

Tak hanya patroli, giat simulasi juga dilakukan sebagai persiapan, sebelum terjadinya kebakaran sebenarnya. Simulasi sendiri dilakukan Polres Probolinggo bersama Polsek Banyuanyar, di Desa Tarokan, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo.

Dalam aksinya, petugas secara sigap berupaya memadamkan api yang membakar lahan hutan, baik menggunakan alat seadanya (ranting pohon) ataupun alat pemadam api.

Baca  VIDEO: Konten Vulgar Duo Semangka Akan Dikurangi, Usai Dipanggil KPAI

Kapolres Probolinggo, AKBP Eddwi Kurniyanto mengatakan, simulasi bertujuan meningkatkan kerja sama, sinergitas antar anggota dan masyarakat dalam penanggulangan Karhutla secara proporsional serta profesional.

Kathutla Bersama Polres Gelar Antisipasi Kebakaran Hutan. (Foto: Risty)
Kathutla Bersama Polres Gelar Antisipasi Kebakaran Hutan. (Foto: Risty)

Menurutnya, semua jenis bencana dapat dikatakan penyebabnya adalah ulah manusia, seperti kerusakan lingkungan dan kebakaran yang telah mengancam di tengah kehidupan masyarakat.

“Karena itu diperlukan upaya penanggulangan Karhutla di wilayah Kabupaten Probolinggo, sehingga perlu dilakukan upaya-upaya sedini mungkin baik sebelum, saat kejadian hingga setelah kejadian,”katanya.

Imbuh Kapolres, adanya antisipasi kebakaran hutan dan lahan, juga menindaklanjuti hasil Vidcon Kapolri pada hari Rabu (18/9/2019).

Sementara dalam giat antisipasi kebakaran hutan dan lahan sendiri, mereka yang terlibat unsur TNI, Masyarakat, ADM Perhutani dan Relawan.

Baca  Polisi Berikan Kejutan di Makodim 0820 Probolinggo di HUT TNI Ke 74

[risty] — via qarao-post

Sabtu, 19 Oktober 2019