Home » Terkini » Kementerian Pariwisata Bangun Obyek Wisata Baru P30 di Lereng Gunung Bromo, Anggaran 4,7 Miliar
Kementrian Pariwisata Bangun Obyek Wisata Baru P30 Dilereng Gunung Bromo Siapkan Anggaran 4,7 Milyar (Foto: Risty)

Kementerian Pariwisata Bangun Obyek Wisata Baru P30 di Lereng Gunung Bromo, Anggaran 4,7 Miliar

QARAO.com, Probolinggo — Selain Great Wall Seruni Point di Desa Ngadisari, spot untuk berswafoto dari puncak perbukitan kembali akan dibangun Pemerintah Kabupaten Probolinggo guna menunjang wisata alternatif di wilayah Kecamatan Sukapura.

Satu obyek wisata yang akan dibangun berlokasi di Puncak 30 atau Puncak Pundak Lembu yang beralamat di Desa Wonokerso, Kecamatan Sumber.

Pembangunan puncak ini akan digarap Kementerian Pariwisata menggunakan DAK (Dana Alokasi Khusus).

Informasi itu disampaikan Kepala Seksi Destinasi Wisata pada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo, Musa.

Dijelaskannya jika di P 30 atau Puncak Pundak Lembu, wisatawan bisa melihat view Gunung Bromo dari sisi belakang. Dimana sensasi yang ditawarkan, pengunjung akan dibawa dalam suasana seakan berada di negeri di atas awan.

Baca  Dalam Menurunkan Angka Kejahatan, KOMPI Apresiasi Kinerja Polres
Kementrian Pariwisata Bangun Obyek Wisata Baru P30 Dilereng Gunung Bromo Siapkan Anggaran 4,7 Milyar (Foto: Risty)

“Keindahan obyek wisata P 30, tak hanya berada di puncak. Mulai dari titik awal pendakian, pengunjung dapat berswafoto selfie dengan background lahan pertanian warga. Dan untuk pintu masuk menuju P 30, rencananya melewati Desa Sariwani,” papar Musa, Sabtu (12/01/19).

Lanjut Musa, konsep bangunan di titik utama P 30 nantinya akan dibuat gazebo dengan konstruksi batu bata merah menyerupai bangunan tradisional. Dan luasan lahan sendiri, untuk obyek wisata P 30 sekitar 2 hektar.

Sementara Musa menyebut, dana DAK yang akan digelontorkan untuk pembangunan P 30 sekitar 4,7 miliar. Dengan rincian, pembangunan jalur setapak Rp 1.800.000.000, Pembangunan Kios Kuliner dan Cinderamata Rp 1.150.000.000, Pembangunan Hiker’s Shelter Rp 855.000.000.

Baca  Transportasi Publik Harus Mampu Menarik Minat Masyarakat

Serta Pembangunan Toilet Rp 750.000.000, Pembangunan areal parkir Rp 190.000.000 dan Pembuatan papan penunjuk arah sebesar Rp 45.000.000.


. (Risty)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TerkiniLeft Menu Icon