Home » Terkini » KM Arjuna Dihantan Ombak 7 ABK Asal Mayangan Kota Probolinggo Selamat
KM Arjuna Dihantan Ombak 7 ABK Asal Mayangan Kota Probolinggo Selamat (Foto: Risty)

KM Arjuna Dihantan Ombak 7 ABK Asal Mayangan Kota Probolinggo Selamat

QARAO.com, Probolinggo – Diterjang cuaca buruk kapal penangkap ikan KM Arjuna asal Mayangan, Probolinggo dilaporkan rusak dihantam ombak di perairan selat Madura, Kepulauan Mandangin.

Kapal nelayan Mayangan itu, nyaris tenggelam setelah mengalami patah lunas dan lambung kanan yang merupakan bagian utama konstruksi kapal. Mengakibatkan badan kapal bocor.

Meski sempat tenggelam di lautan, namun para ABK dan nakhoda kapal seluruhnya selamat dari maut. Mereka saat ini sudah diamankan di rumah Kepala Desa Mandangin, Klebun.

Setelah sebelumnya, kapal yang ditumpanginya dihantam ombak tinggi di Selat Madura, melihat kapalnya bocor dan air laut masuk ke badan kapal sangat deras, tidak mampu di kuras, 7 ABK panik langsung meloncat dan berusaha berenang di Pulau Mandangin Madura, 7 kru kapal ini bertaruh nyawa sejauh 50 meter menyelamatkan diri.

Baca  VIDEO: Presiden Jokowi Masuk Kabah, Putra Mahkota Arab Sebut Indonesia Beruntung Punya Jokowi

Sekretaris Himpunan Nelayan Probolinggo, H Zainul Fatoni menyebut, bahwa KM Arjuna sudah sekitar 4 hari berlayar. Dimana saat peristiwa terjadi, sedang arah pulang ke Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo.

Namun lantaran cuaca buruk di lautan, KM Arjuna pun berubah arah ke kepulauan Mandangin agar terhindar dari terjangan ombak. Namun na’as kapal akhirnya tenggelam, setelah lunas kapal patah dan lambung kanan usai dihantam ombak.

KM Arjuna Dihantan Ombak 7 ABK Asal Mayangan Kota Probolinggo Selamat (Foto: Risty)

“Informasinya kejadiannya Selasa malam mas, sekitar pukul 20. 00 WIB. Dan saat ini, awak kapal sudah selamat,”terangnya, Rabu (23/01/19).

H Zainul menyebut, jika para awak KM Arjuna sendiri diantaranya nahkoda kapal Sudan, dan anak buah kapal Naji, Rian, Irul, Apek, Muslim dan Angker.

Baca  Ingin Pantau Aktifitas Gunung Bromo Erupsi BPBD Probolinggo Pasang CCTV, Jika di Ijinkan PVMBG

“Karena sehat semua, nanti malam rencananya awak kapal seluruhnya dipulangkan ke Probolinggo,”terang H Zainul.


Sementara informasi tenggelamnya kapal, dibenarkan Kasatpolair Polres Probolinggo, AKP Slamet Prayitno. Menurutnya benar terjadi laka laut, dimana para awak kapalnya selamat seluruhnya.

“Benar ada laka laut mas, ini saya terus koordinasi dengan pihak Satpol air Kepulauan Mandangin,”terangnya via seluler.

Sementara kapal KM Arjuna dievakuasi oleh nelayan lain di Desa Mandagin Madura.

. (Risty)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TerkiniLeft Menu Icon