Home » Inform » Kodim 0820 Probolinggo Dukung Hari Menanam Pohon
Kodim 0820 Probolinggo Dukung Hari Menanam Pohon. (Foto: Risty)
Kodim 0820 Probolinggo Dukung Hari Menanam Pohon. (Foto: Risty)

Kodim 0820 Probolinggo Dukung Hari Menanam Pohon

QARAO.com, Probolinggo – Degradasi hutan dan lahan yang disebabkan oleh pembalakan liar, perambahan hutan, pengurangan kawasan hutan untuk kepentingan pembangunan dan penggunaan lahan yang tidak memperhatikan kaidah konservasi, berakibat terjadinya bencana banjir, kekeringan dan tanah longsor maupun kontribusi yang nyata terhadap pemanasan global.

Untuk itu dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional, tahun 2019 Pemerintah Daerah Kabupaten Probolinggo, menggelar kegiatan Gerak Jalan Sehat Dilanjutkan Penanaman Pohon Serentak bertempat di Kampung Wisata Hati Desa Gading Wetan, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo. Jum’at (29/11/19)

Sebelum melaksanakan Penanaman pohon serentak, terlebih dahulu acara di mulai dengan apel bersama dan di lanjutkan Gerak Jalan Sehat yang diawali Start dari lapangan Desa Wangkal dan Finish di Kampung Wisata Hati Desa Gading Wetan, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Sekda Probolinggo, H. Suparwiyono, Dandim 0820 Probolinggo yang diwakili Pasi Pers Kodim 0820 Probolinggo Lettu Inf Yahuddin, Disperindag, H. Mahbub Zunaidi, Disnakertrans Hudan Syarifudin, Dinas Pendidikan, Ir. Hj. Dewi Korina, Kabag Pemerintahan Probolinggo, Sjaiful efendi, Kadis Perkim Priyono, Kabag Ekonomi Probolinggo Santoso, Kepala Badan Keuangan Probolinggo Santiyono, Sekdin Dispenduk Capil Slamet dan Mahbub Maliki, Inspektorat Probolinggo Sigit Sumarsono, Kabag Kesra Probolinggo Didik Abdur Rohim, Sekretaris KPU Probolinggo Ulfi Ningtiyas, Komisioner KPU Probolinggo Zamroni, Agus Dinata, Kadis BKKBN, Dr. Sodik, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Probolinggo Nanang Trijoko, Kesbangpol, Ugas Irwanto, Kabag Humas Protokol dan Rumah Tangga Probolinggo Heri Mulyadi, Kadis PUPR Rahmat Waluyo, Camat Sekabupaten Probolinggo, Kades se Kecamatan Gading, Ketua PGRI Probolinggo Purnomo, Direktur RSUD Waluyo Jati, Dr. Mansur, Kepala Dinas Sosial Probolinggo, Kadis Kominfo Probolinggo Yulius Cristian, Perhutani Probolinggo, Camat gading Taufik Alami, Danramil 0820/23 Gading Kapten Inf Guntur, Kapolsek Gading Iptu Bagus Purnama, Kepala Puskesmas Gading, Kadis Lingkungan Hidup Hasyim Asyari, Asisten 1 Probolinggo, PJB Paiton, Serta guru dan murid SD, SMP, SMA 1250 orang dari wilayah kecamatan Gading

Baca  Kasad : "TNI AD Siap Bantu Pemda NTB Sukseskan Rehab Rekon"
Kodim 0820 Probolinggo Dukung Hari Menanam Pohon. (Foto: Risty)
Kodim 0820 Probolinggo Dukung Hari Menanam Pohon. (Foto: Risty)

Di temui di sela-sela kegiatan, Dandim 0820 Probolinggo yang diwakili Pasi Pers Kodim 0820 Probolinggo Lettu Inf Yahuddin menjelaskan bahwa menanam ribuan pohon yang di laksanakan ini, sebagai upaya memulihkan kerusakan hutan dan lahan Kritis dengan merehabilitasi kembali hutan rusak dan lahan kritis melalui kegiatan gerakan menanam secara massal oleh masyarakat sebagai bentuk kesadaran dan kepedulian terhadap upaya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan.

“Penanaman yang kita laksanakan bersama ini berdasarkan keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008, tentang ditetapkannya tanggal 28 November sebagi Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan bulan Desember sebagai bulan Menanam Nasional”, jelas Lettu Inf Yahuddin

Baca  Ungkapan Kasih Sayang Dari Pemimpin dan Anak Buah

Melalui momentum peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan menanam Nasional yang diperingati setiap tahun ini, diharapkan dapat menyadarkan masyarakat akan pentingnya keberadaan pohon. Contoh sederhana manfaat dari kehadiran pohon yang masyarakat dapat rasakan yaitu sebagai tempat berteduh dikala cuaca sedang panas. Lebih jauh pohon memiliki peran sebagai penyerap CO2 dan mengeluarkan O2, pencegah longsor, konservasi mata air, peredam kebisingan, dan penyerap karbon.

Kodim 0820 Probolinggo Dukung Hari Menanam Pohon. (Foto: Risty)
Kodim 0820 Probolinggo Dukung Hari Menanam Pohon. (Foto: Risty)

“Saya berharap peringatan ini dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat bahwa pentingnya menanam pohon sebagai upaya melestarikan lingkungan yang nantinya juga bermanfaat dan berdampak positif bagi kehidupan dimasa depan,” ujar Pasi Pers Kodim 0820 Probolinggo Lettu Inf Yahuddin.

Baca  Pengedar Sabu Ditangkap Dijalur Pantura Probolinggo

Danramil 0820/23 Gading Kapten Inf Guntur menambahkan pihaknya akan mendorong dinas terkait bersama tokoh ataupun komunitas penggiat lingkungan hidup untuk dapat mengajak seluruh masyarakat menjadikan peringatan ini sebagai momentum strategis bangsa Indonesia di Kabupaten Probolinggo khususnya Kecamatan Gading yang merupakan wilayah teritorial binaan Koramil 0820/23 Gading dalam upaya mengantisipasi perubahan iklim global, hutan gundul dan lahan kritis dengan cara merehabilitasi kembali hutan gundul dan lahan kritis melalui kegiatan menanam pohon secara masal.

“Mendorong masyarakat untuk memanfaatkan setiap lahan yang dimiliki untuk ditanami pohon sebagai upaya penghijauan dan pelestarian lingkungan,” pungkas Danramil 0820/23 Gading Kapten Inf Guntur.
[risty] — via qarao-post

Minggu, 8 Desember 2019