Home » Global » Kota Masih Lumpuh, Gempa Hokkaido Jepang Tewaskan 44 Lukai 660 Orang
Kota Masih Lumpuh, Gempa Hokkaido Jepang Tewaskan 44 Lukai 660 Orang. (Foto: AFP/Jiji Press)
Kota Masih Lumpuh, Gempa Hokkaido Jepang Tewaskan 44 Lukai 660 Orang. (Foto: AFP/Jiji Press)

Kota Masih Lumpuh, Gempa Hokkaido Jepang Tewaskan 44 Lukai 660 Orang

QARAO.com, Jepang – Angka kematian korban tewas akibat gempa dahsyat yang mengguncang Hokkaido sudah berjumlah 44 orang. Gempa Hokkaido ini juga menyebabkan 660 orang terluka sebagaimana dibenarkan pemerintah setempat seperti dikutip dari Reuters pada Senin, 10 September 2018.

“Terjadi empat getaran mengejutkan berkekuatan besar,” ujar seorang warga. “Dan tiba-tiba rumah kami miring dan kami tidak bisa membuka pintu.”

Untuk pertama kali sejak pembangkit listrik Tomato-Atsuma di Hokkaido didirikan pada 1951, pulau itu gelap gulita. Perusahaan ini mematikan seluruh pembangkit listrik bertenaga bahan bakar fosil itu setelah gempa.

Namun pada Senin ini, pasokan listrik di wilayah Hokkaido mulai diaktifkan kembali meskipun masih minim sementara perusahaan otomotif raksasa Toyota juga masih menangguhkan operasional perusahaan dan kantornya.

Baca  VIDEO: Katedral Notre Damme Paris Terbakar

Diketahui bahwa gempa dengan kekuatan 6,7 Skala Richter mengguncang pulau utara Jepang khususnya Hokkaido. Gempa menyebabkan jalur kereta api dan akses udara lumpuh sementara energi listrik juga baru bisa disalurkan secara bertahap dengan kapasitas minim.

Sementara sekitar 2500 orang masih berada dalam pusat evakuasi sebagaimana disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Jepang setelah ratusan rumah terkubur akibat longsor yang terjadi akibat gempa.

Kota Masih Lumpuh, Gempa Hokkaido Jepang Tewaskan 44 Lukai 660 Orang. (Foto: AFP/Jiji Press)
Kota Masih Lumpuh, Gempa Hokkaido Jepang Tewaskan 44 Lukai 660 Orang. (Foto: AFP/Jiji Press)

Juru Bicara pemerintah setempat, Yoshihide Suga mengatakan bahwa sekitar 40 ribu personel militer masih terus dikerahkan selain satuan pemadam kebakaran yang masih bekerja membersihkan wilayah terdampak. Sementara itu, korban hilang disebutkan sudah tak ada lagi.

Baca  Mengharukan, Imam Tetap Khusyuk Sholat Saat Terjadi Gempa

Pasokan listrik mulai disalurkan ke pusat-pusat bisnis. Namun Menteri Perdagangan Hiroshige Seko mengatakan bahwa sekitar 5,3 juta penduduk yang terdampak bisa memahami dan menggunakan listrik dengan hemat yakni hanya 20 persen dari kebiasaan sebelumnya sambil menanti stabilnya pasokan listrik.

“Sangat penting khususnya bagi penduduk, pelaku usaha dan pemerintah serta pemangku kepentingan bidang listrik untuk bekerja bersama untuk menghemat energi sementara ini,” kata Seko pada Minggu, 9 September 2018.


Gempa Hokkaido ini menjadi rangkaian bencana alam terbaru yang melanda Jepang. Bagian barat negara itu masih dalam tahap pemulihan usai diguncang topan Jebi, yang tercatat sebagai topan terkuat yang mengguncang Jepang dalam 25 tahun terakhir.

Baca  Facebook, Instagram, WhatsApp Tumbang, Warganet Beralih ke Twitter

Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe menegaskan pemerintahannya akan melakukan yang terbaik untuk memulihkan situasi di wilayah yang terkena bencana alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GlobalLeft Menu Icon