Home » Terkini » Mahasiswa Jurusan Hukum Berikan Pemahaman ke Para Pelanggar Saat Operasi Zebra Semeru 2018 Digelar Satlantas Polres Probolinggo
Mahasiswa Jurusan Hukum Berikan Pemahaman ke Para Pelanggar Saat Operasi Zebra Semeru 2018 Digelar Satlantas Polres Probolinggoo (Foto: Risty)

Mahasiswa Jurusan Hukum Berikan Pemahaman ke Para Pelanggar Saat Operasi Zebra Semeru 2018 Digelar Satlantas Polres Probolinggo

QARAO.com, Probolinggo – Operasi Zebra Semeru 2018, yang digelar Satuan Lalulintas Polres Probolinggo, diwarnai protes pengendara motor yang terjaring operasi di jalan raya pantura, tepatnya di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo. Rabu (07/11/18).

Beruntung protes para pelanggar ini, langsung dijawab, serta diberi pemahaman oleh belasan mahasiswa dari 2 universitas, Universita Panca Marga jurusan hukum dan STIH (Sekolah Tinggi ILmu Hukum) Zainul Hasan Genggong Pajarakan Probolinggo, yang selalu dilibatkan oleh Satlantas dalam gelar Operasi Zebra Semeru 2018, yang digelar serentak sejak tanggal 30 Oktober – 12 November 2018.

Protes pelanggar mulai dari notice pajak yang sudah habis masa berlakunya, namun pelanggar bersikukuh pajaknya udah diperpanjang, namun kenyataannya notice yang baru tidak dibawa dirumahnya.

Baca Juga  Menteri Susi Minta Maaf di Depan Ribuan Santri Ponpes Nurul Jadid, Akui Keterlambatan Datang

Dan juga pelanggar yang mengendarai motor sport ber CC tinggi, yang menggunakan knalpot brong dan tidak sesuai dari spek original pabrik, yang suaranya bisa menganggu pengendara lain, dan menyebabkan kebisingan akibat suara yang dikeluarkan oleh knalpot brong tersebut. Namun pelanggar menolak di tilang karena saat beli knalpot di toko variasinya ini tidak melanggar.

Namun petugas yang didampingi mahasiswa, langsung mengeluarkan aplikasi sound meter, alhasil angka yang dikeluarkan aplikasi suara dengan angka yang tinggi melebihi aturan yang berlaku, dan mahasiswa juga menunjukkan undang – undang yang melarang tentang merubah dan merakit spesifikasi kendaraan motor tidak sesuai standart pabrik.

Baca Juga  Anies Izinkan Monas Digunakan untuk Reuni Alumni 212

Dalam Operasi Zebra Semeru yang berakhir 12 November besok, Satuan Lantas Polres Probolinggo selalu mengandeng SUB Denpom, Dispenda, Kejaksaan dan Pengadilan Negeri Probolinggo, untuk melakukan sidang ditempat lokasi digelarnya Operasi.


Mahasiswa Jurusan Hukum Berikan Pemahaman ke Para Pelanggar Saat Operasi Zebra Semeru 2018 Digelar Satlantas Polres Probolinggoo (Foto: Risty)

AKP Ega Prayudi, kasatlantas Polres Probolinggo, kami berharap hasil dari razia yang dilakukan serentak di seluruh jajaran satuan lalu lintas yang dilakukan pihak Kepolisian Republik Indonesia, para pengendara kendaraan bermotor untuk lebih patuh menaati rambu – rambu lalin dan aturan yang ada.

“Kita berharap selesai digelar Ops Zebra Semeru 2018 ini, masyarakat lebih mematuhi peraturan undang – undang lalu lintas, agar bisa mengurangi kecelakaan di jalan raya” tegas Ega dilokasi.

Baca Juga  Diisukan Kas Habis Buat Pilkada, Puluhan Anggota KSU Mitra Perkasa Didemo Nasabahnya

Juga dikatakan Kanitregident Satlantas Polres Probolinggo, Ipda Maryono, dalam rangka giat Operasi Zebra Semeru, fokus digelar di sepanjang jalan raya pantura Probolinggo dan tempat mangkal anak muda, dengan sasaran pelanggaran sepeda motor protolan, pengendara motor dibawah umur dan balap liar.

“Kita tindak tegas pengendara motor dibawah umur dan motor protolan yang terjaring saat balapan liar” ujar Maryono saat ditemui.

Semoga setelah berakhirnya giat Operasi Zebra Semeru 2018 nanti, yang digelar 12 hari ini, bisa meyadarkan masyarakat dalam mengendarai motor dijalan raya, khususnya warga Kabupaten Probolinggo kedepannya.

. (Risty)

TerkiniLeft Menu Icon