Home » Populer » Pantai Indah Ini Punya Ratusan Mata Air Tawar
Mata air tawar di Pantai Seratus Mata Air. (Foto: hipwee.com)
Mata air tawar di Pantai Seratus Mata Air. (Foto: hipwee.com)

Pantai Indah Ini Punya Ratusan Mata Air Tawar

Pantai Indah Ini Punya Ratusan Mata Air Tawar

QARAO.com, Wakatobi – Jika berkunjung ke Wakatobi, Sulawesi Tenggara, sempatkanlah untuk datang ke Pantai Moli Sahatu. Pantai ini punya keunikan yang tak dimiliki oleh pantai lainnya, yaitu mata air tawar. 

Disebut unik karena mata air tersebut tidak asin padahal berada di pinggir laut yang asin. Tidak hanya satu, tapi terdapa ratusan mata air tawar di pantai ini.

Pantai Mata Air Seratus merupaka nama lain dari Pantai Moli Sahatu yang terletak di Desa Patuno, Kecamatan Wangi-wangi, Wakatobi, Sulawesi Tenggara. 

Mata air tawar di Pantai Mata Air Seratus. (Foto: hipwee.com)
Mata air tawar di Pantai Mata Air Seratus. (Foto: hipwee.com)

Untuk mencapai lokasi tersebut, dapat ditempuh melalui jalan darat yang memerlukan waktu tempuh sekitar 60 menit. Perjalanan bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dari pusat Kota Wangi-wangi. Lokasi pantai ini juga berdampingan dengan Pantai Patuno. 

Baca  Cantik Itu Menyakitkan Bagi Wanita Suku Mursi

Selain keindahan pantainya yang berpasir putih dan air laut yang biru jernih, di Pantai Moli Sahatu juga muncul ratusan mata air tawar yang keluar dari sela-sela batuan dan pasirnya.

Masyarakat setempat meyakini bahwa air yang mengalir dari sela-sela batu dan pasir tersebut mengandung khasiat yang apabila diminum atau diusap ke wajah, bisa membuat awet muda. 

Salah satu mata air di pantai Moli Sahatu. (Foto: detik.com)
Salah satu mata air di pantai Moli Sahatu. (Foto: detik.com)

Itulah sebabnya, wisatawan yang mengunjungi lokasi tersebut, disarankan untuk mengusapkan air dari mata air tawar ke wajahnya.

Air yang keluar dari sela bebatuan dan pasir apabila diusapkan ke wajah, maka bening dan dinginnya membuat wajah terasa segar dan nyaman. 

Selain melihat dan menikmati mata air tawar, wisatawan juga dapat melakukan aktivitas lainnya, seperti berenang, diving, dan snorkeling.

Jika ingin mengunjungi Pantai Patuno dan melihat munculnya mata air seratus, maka waktu yang tepat adalah saat air laut sedang surut. Karena, mata air tawar yang muncul tersebut berada pada batas air laut pasang.

Baca  Tak Bertahan Di Perairan Dingin, Lumba-Lumba Terdampar Di Pantai Trisik

Fasilitas wisata yang tersedia di Pantai Patuno terbilang sangat baik karena di lokasi tersebut terdapat Patuno Resort yang menyediakan tempat menginap, paket diving, snorkeling, banana boat, speed boat, dan sebagainya.

Lokasi Mata Air Seratus hanya berjarak sekitar 300 meter dari Patuno Resort. Untuk mencapainya, cukup dengan berjalan kaki menyusuri bibir pantai.

Sekitar 400 mater dari bibir Pantai Moli Sahatu, terdapat bongkahan batu karang besar yang dapat diakses dengan mudah bila air laut surut. 

Selamat berlibur dan menikmati keindahan alam di mata air tawar di Pantai Mata Air Seratus.

 

Baca  Tradisi Setrika Payudara Menggunakan Batu Panas

– Virendra –

Selasa, 22 Oktober 2019