Home » Terkini » Pasca Lebaran Sampah Meningkat TPA di Kota Probolinggo Overload
Pasca Lebaran Sampah Meningkat TPA di Kota Probolinggo Overload (Foto: Risty)

Pasca Lebaran Sampah Meningkat TPA di Kota Probolinggo Overload

QARAO.com, Probolinggo — Tempat Pembuangan Pembuangan akhir sampah, yang terletak di jalan Anggrek Kota Probolinggo nyaris melebihi kapasitas atau overload, seiring meningkatnya jumlah sampah berasal dari masyarakat dan restoran yang ada di kota setempat.

bahkan usai ramadan dan lebaran 1440 hijriah, tahun 2019 suplai sampah masyarakat ke TPA mencapai 65 ton perhari. Kondisi ini meningkat drastis dari bulan sebelumnya, dimana dikisaran 54 ton.

Dengan artian, sampah yang masuk ke TPA naik 11 persen saat usai ramadan dan lebaran Idul Fitri. Dominasi sampah sendiri, adalah jenis sampah yang sulit terurai seperti plastik. Oleh karenanya, setiap harinya petugas TPA melakukan pemilahan sampah yang bisa didaur ulang, dan dibuat menjadi kompos.

Baca  Eksis Tanpa Hoaks, Pemkot Malang Gandeng Generasi Muda Perangi Hoaks

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kota Probolinggo, Budi Krisyanto mengatakan, banyaknya sampah di Kota Probolinggo dan terus meningkat, membuat kapasitas TPA menggunung mencapai ketinggian 25 meter.

Pasca Lebaran Sampah Meningkat TPA di Kota Probolinggo Overload (Foto: Risty)

“Dari data yang kami catat ada sekitar 170 ton, sampah dihasilkan masyarakat Kota Probolinggo, namun yang masuk hanya 30 persen saja,”katanya

Oleh karenanya, di akhir tahun 2019 pemerintah daerah akan mengkaji untuk dilakukan penutupan, lantaran penampungan yang sudah melebihi kapasitas.

“Dengan kondisi ini, saya harap masyarakat bisa memilah dan mengolah sampah, mana yang bisa didaur ulang dan tidak,”harapnya, Jum’at 14/6/2019.

Pria yang akrab disapa Pak Beka ini menyebut, guna mengatasi meningkatnya sampah di tahun 2020, pemerintah daerah telah menganggarkan 4,5 miliar untuk membangun TPA baru, dengan luas sekitar 4000 meter persegi.

Baca  Guna Melancarkan Belajar Mengajar, Dinas Pendidikan Probolinggo Siapkan Kapal Khusus Guru

. (Risty)

Jum'at, 20 September 2019