Home » Inform » Pastikan Bebas Ajaran Radikalisme Komandan Korem 083 Kunjungi Beberapa Pesantren di Probolinggo, Pesantren Di Tapal Kuda Bebas Ajaran Radikalisme

Pastikan Bebas Ajaran Radikalisme Komandan Korem 083 Kunjungi Beberapa Pesantren di Probolinggo, Pesantren Di Tapal Kuda Bebas Ajaran Radikalisme

QARAO.com, Probolinggo – Komandan Korem 083, Baladhika Jaya Malan, Kolonel Infantri Zainuddin, mengunjungi beberapa pesantren di Jawa Timur bagian Timur, Khususnya Pondok Pesantren Riyadlus Solihin, Ketapang, Kota Probolinggo, pada Jumat Siang.

Disela-sela sholat jumat di masjid ponpes, Danrem memastikan pesantren di wilayahnya 7 kabupaten wilayah Timur Jawa Timur, atau tepatnya wilayah Tapal Kuda, terbebas dari ajaran menyimpang atau ajaran radikalisme.

Pastikan Bebas Ajaran Radikalisme Komandan Korem 083 Kunjungi Beberapa Pesantren di Probolinggo
Pastikan Bebas Ajaran Radikalisme Komandan Korem 083 Kunjungi Beberapa Pesantren di Probolinggo

Dari data TNI, di pesantren wilayah Tapal Kuda justru banyak mengajarkan semangat penguatan NKRI dengan berlandaskan Pancasila. Khusus di Probolinggo sendiri, rata-rata pondok pesantren yang berdiri adalah ahlussunnah wal jamaah, dan jumlahnya mencapai ratusan, mulai pesantren besar hingga kecil.

Baca  Bambu Getah Getih Dibongkar, Warga Sayangkan Rp 550 Juta Melayang

Menurut Letnan Kolonel Infantri Zainuddin, Komandan Korem 083 Malang, dari Pantauan TNI, Ponpes di Probolinggo dan Tapal Kuda terbebas dari ajaran menyimpang dan mengarah radikal.

SOT: Letkol Inf Zainuddin, Danrem 083 Bdj Malang

“ harapan saya lewat pesantren ini, bisa menebarkan aura nasionalisme, aura kebaikan dilingkungan masyarakat. jadi untuk soal akhlak sendiri, dilingkungan pesantren sudah tak menjadi masalah. hanya saja yang perlu ditrigger, tinggal ilmu pengetahuannya saja”.

Sementara itu menurut, Habib Ali Al Habsy, pengasuh pondok pesantren Riyadhlus Solihin, justru di pesantren lah ajaran radikal bisa ditangkal. Kalaupun ada justru dibawa oknum dari luar negeri.

Baca  BPBD Kabupaten Probolinggo Beri Pelatihan Ke Pelajar SD Saat Terjadi Bencana Alam

SOT: Habib Ali Al Habsy, Pengasuh Ponpes Riyadhlus Solihin

“ ia menjamin semangat nasionalisme dan kebangsaan, tetap terjaga dilingkungan pesantren,,,guna membentengi lingkungan pesantren dari faham-faham radikalisme, melalui penguatan hubbul wathan minal iman atau cinta tanah air sebagian dari iman”.

Selain mengunjungi pesantren, Danrem juga meresmikan 3.020 rumah tinggal layak huni di 7 kabupaten dibawah jajaran Korem 083.

(risty)

Rabu, 22 Januari 2020