Home » Pilihan » Pawai Budaya Yang Diikuti Ratusan Anak PAUD Dan TK Sisakan Masalah

Pawai Budaya Yang Diikuti Ratusan Anak PAUD Dan TK Sisakan Masalah

QARAO.com, Probolinggo – Dalam rangka memperingati HUT RI ke-73 serta Semipro 2018, Pemerintah Kota Probolinggo melalui Disdikpora menyelenggarakan karnaval yang diikuti oleh sekolah Kelompok Bermain, PAUD, TK, se-Kota Probolinggo.

Dalam karnaval yang digelar tadi pagi, setiap peserta menampilkan barisan kelompok kebangsaan yang terdiri dari anak-anak yang berpakaian adat dari setiap daerah di Indonesia, serta kelompok profesi yang menampilkan aneka profesi yang tak lupa mengenakan pakaian sesuai profesi masing-masing.

Setiap peserta menampilkan barisan marching band dari setiap sekolah TK dan PAUD, yang dilengkapi dengan para pemain musik dan penarinya yang berbaju warna-warni dengan diringi permainan musik yang selalu ditabuh sepanjang rute perjalanan karnaval.

Baca  VIDEO: Pangdam IX/Udayana Tutup TMMD ke 104 Kodim 1614/Dompu
Pawai Budaya Yang Diikuti Ratusan Anak PAUD Dan TK Sisakan Masalah. (Foto: Risty)
Pawai Budaya Yang Diikuti Ratusan Anak PAUD Dan TK Sisakan Masalah. (Foto: Risty)

Tepat jam 06.15 WIB peserta pawai dilepas oleh Sekretaris Daerah Kota Probolinggo dengan peserta nomor urut satu dari TK Kartika yang mengenakan pakaian Etnis Arab. Sabtu (18/8/2018).

Peserta karnaval dilepas Sekda Kota Probolinggo, Bambang Agus, didampingi Asisten serta Kepala Disdikpora, Muhammad Maskur, dengan mengibarkan bendera start di depan Kantor Pemkot Probolinggo.

Namun disayangkan, pawai budaya ataupun karnaval yang diikuti ratusan anak PAUD di Kota Probolinggo pada Sabtu tadi pagi menyisakan sebuah masalah. Usut temu usut polisi memastikan, pawai yang digelar dengan start di depan Pemkot diduga tidak mengajukan izin terlebih dulu.

Baca  Walikota: Para Pelaku UMKM Harus Mampu Bersaing Dengan Daerah Lain

Hal ini disampaikan langsung oleh Kapolresta Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal. Setelah dikroscek melalui intelkam bahwa pawai budaya tersebut tak mengantongi izin.

“Setelah kami konfirmasi ternyata tak melakukan izin terlebih dulu. Namun demikian karena tahu ada agenda akhirnya dilakukan pengamanan,” terang Kapolres.

“Kami akan mendalami hal ini meski sudah dilakukan klarifikasi. Hal ini untuk memastikan apakah ada unsur kesengajaan atau tidak terkait pakaian anak-anak TK Kartika pada saat pawai tadi,” pungkasnya.


Pawai Budaya Yang Diikuti Ratusan Anak PAUD Dan TK Sisakan Masalah. (Foto: Risty)
Pawai Budaya Yang Diikuti Ratusan Anak PAUD Dan TK Sisakan Masalah. (Foto: Risty)

Sementara itu, Kepala Disdikpora Kota Probolinggo, Muhammad Maskur memastikan, dengan adanya kasus ini akan menjadi bahan evaluasi ke depan khususnya di lingkungan Pendidikan Kota Probolinggo.

Baca  VIDEO: Jenazah Korban Penembakan KKB Papua Datang Ke Rumah Duka Diwarnai Tangis Histeris Keluarga dan Tetangga

“Kami akan mengevaluasi hal ini, dan kami sudah langsung menegur Kepala Sekolah yang bersangkutan. Terhadap kepala sekolah kami juga akan siapkan sanksi,” ujar Maskur.

Untuk diketahui pawai budaya maupun karnaval dan sejenisnya dengan menggunakan cadar dan senjata replika yang dilakukan TK Kartika V-69 membuat pro kontra di kalangan netizen. Bahkan hal ini sampai meluas ke luar Kota Probolinggo.

Belakangan pihak TK Kartika meminta maaf dan menegaskan tak ada unsur kesengajaan. (Risty)

PilihanLeft Menu Icon