Home » Global » Pemerintah RI Tetap Lindungi Habib Rizieq Shihab Meski Ia Sering Menentang

Pemerintah RI Tetap Lindungi Habib Rizieq Shihab Meski Ia Sering Menentang

QARAO.com, Jakarta – Juru Bicara Capres nomor urut 01 Joko Widodo-Maruf Amin, Arya Sinulingga menegaskan pemerintah Indonesia telah menunjukan kepedulian terhadap Habib Rizieq dengan cara memberikan dukungan terhadapnya pada saat diperiksa oleh kepolisian Arab Saudi.

“Mengenai isu HRS di Saudi itu menunjukkan bahwa dari rilis yang diperoleh kedubes, menunjukkan pemerintah yang justru meng-cover dan men-support sehingga ketika ada pemeriksaan terhadap HRS akibat bendera itu,” juar Arya di Rumah Cemara, Menteng, Jakarta Pusat. Kamis (8/11/2018).

Rilis Kemenlu RI terkait pemeriksaan Habib Rizieq Shihab oleh Kepolisian Arab Saudi
Rilis Kemenlu RI terkait pemeriksaan Habib Rizieq Shihab oleh Kepolisian Arab Saudi

Arya mengatakan, keterangan dari Kementerian Luar Negeri (Kemelu) terkait penahanan Habib Rizieq Shihab oleh pemerintah Arab Saudi sebagai bukti negara hadir mendampingi seluruh rakyatnya dimana pun mereka berada. Meskipun Rizieq dikenal selalu mengkritik keras pemerintah.

Baca  Tak Penuhi Syarat, 20 Bacaleg Dicoret KPU Kulonprogo

“Itu menunjukkan bagaimana pemerintah Indonesia itu melindungi WNI di sana. Karena Rizieq tetap seorang WNI yang dilindungi pemerintah,” kata Arya.

Arya mengatakan, berkat kinerja KBRI untuk Saudi Arabia, imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu dapat menghirup udara bebas setalah dilakukan pemeriksaan oleh kepolisian Arab Saudi, atas peristiwa pemasangan bendera yang identik dengan gerakan ISIS.

Habib Rizieq Shihab Ditahan Polisi Arab Saudi, Ini Penjelasan Kemlu RI
Habib Rizieq Shihab Ditahan Polisi Arab Saudi, Ini Penjelasan Kemlu RI

Menurutnya, dari kasus ini permasalahan bendera khilafah yang diidentikan dengan berbagai gerakan teroris dan melawan pemerintah terbukti menjadi masalah bukan hanya di Indonesia, namun juga di Arab Saudi.

“Ini menunjukkan ternyata bendera seperti itu bisa bermasalah di sana. Kalau ada yang bilang, ada yang menempelkan bendera itu di sana, kalau tidak bermasalah ya tidak. Tapi ternyata bermasalah. Itu juga menunjukkan bahwa di Arab Saudi hal yang seperti itu bermasalah,” ujarnya.

Baca  VIDEO: Guntur Romli Tantang Habib Rizieq Shihab Pasang Bendera HTI di Mekkah, Beranikah?

Selain itu menurutnya peristiwa di Arab Saudi ini sebagai cermin ada penolakan bendera yang sama di negara lain, bukan hanya di Indonesia. “Ada kemiripan terhadap penolakan bendera tersebut,” ucapnya.


Arya memastikan pemerintah Indonesia akan tetap melindungi seluruh WNI dimanapun mereka berada, meskipun selalu selalu mengkritik presiden Jokowi seperti Rizieq.

“Pemerintah Indonesia tetap memfasilitasi dan tetap berjuang untuk Habib Rizieq,” katanya. (rnd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GlobalLeft Menu Icon