Home » Inform » Pemkot Probolinggo Akan Bangun 2 Mapolsek Baru Dari Dana APBD
Pemkot Probolinggo Akan Bangun 2 Mapolsek Baru Dari Dana APBD. (Foto: Risty)
Pemkot Probolinggo Akan Bangun 2 Mapolsek Baru Dari Dana APBD. (Foto: Risty)

Pemkot Probolinggo Akan Bangun 2 Mapolsek Baru Dari Dana APBD

QARAO.com, Probolinggo – Dana APBD Kota Probolinggo sebesar Rp 6,4 Miliar , akan digelontorkan untuk pembangunan dua Polsek (Kepolisian Sektor) baru di kota setempat.

Disampaikan Ketua Komisi I DPRD, Kota Probolinggo, Abdul Azis. Dari hasil peninjuannya Selasa (30/7), dua lahan Polsek baru berada di Jalan Citarum, Kelurahan Curahgrinting untuk Polsek Kanigaran.

Sementara di Jalan Serayu, Kelurahan Jrebeng Kulon untuk Polsek Kedopok. Dua Kantor Polsek baru, akan dibangun di wilayah Kota Probolinggo, pada tahun 2020 mendatang.

Menurutnya biaya dibutuhkan untuk pembangunan dua Polsek, sekitar Rp 6,4 miliar untuk penggarapan fisiknya. Untuk luasan sendiri di masing-masing Polsek, sekitar 700 meter persegi.

Baca  VIDEO: Butik Busana Muslim di Kota Probolinggo Disatroni Pencuri Bermodus Sebagai Pembeli

“Untuk soal sarana dan prasarananya, seperti perlengkapan meubeler dan lain-lain akan menjadi tanggungjawab Polresta,”terang Azis, Rabu (31/7/2019).

Pemkot Probolinggo Akan Bangun 2 Mapolsek Baru Dari Dana APBD. (Foto: Risty)
Pemkot Probolinggo Akan Bangun 2 Mapolsek Baru Dari Dana APBD. (Foto: Risty)

Disinggung apakah APBD Kota Probolinggo, diperbolehkan sebagai dana pembangunan Polsek, Azis menyebutkan, jika tidak ada masalah. Menurutnya selain demi peningkatan keamanan, adanya tambahan Polsek juga merupakan permintaan warga.

Terpisah Wakapolresta Probolinggo, Kompol Imam Pauji menyampaikan, dengan dibangunnya dua Polsek baru, pihaknya akan mengajukan kekurangan personil ke Polri. Lanjutnya, apabila pengajuan biaya pembangunan Polsek oleh Pemkot disetujui, pihaknya tidak akan mengajukannya ke Polri.

Sementara ditanya apakah penambahan dua Polsek baru, karena masuk titik rawan kriminalitas dan kejahatan, di wilayah Kota Probolinggo. Kompol Pauji menegaskan jika pembangunan Polsek semata-mata, hanya untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakat.

Baca  Polres LOTIM Limpahkan Kasus Pria Cacat Setubuhi Siswi SMK ke Polres Mataram.

“Untuk masalah titik kerawanan, saya kira semua titik sama. Hanya saja kami ingin, adanya peningkatan pelayanan saja ke masyarakat,”jelasnya.

Sebagai informasi, sejak terpisah dengan Polres Probolinggo sekitar tahun 2005, Polresta untuk wilayah Kota Probolinggo masih memiliki 3 polsek. Yakni Polsek Kademangan, Mayangan dan Polsek Wonoasih. Padahal di wilayah kota ada 5 kecamatan, Kademangan, Mayangan, Wonoasih, Kedopok dan Kanigaran. Dengan demikian, masih ada 2 kecamatan yang belum ada Polseknya.

[risty]

Jum'at, 20 September 2019