Home » Populer » Pohon Cina Langka Berbunga Pertama Sejak 100 Tahun Lalu

Pohon Cina Langka Berbunga Pertama Sejak 100 Tahun Lalu

QARAO.com, Inggris – Sejak ditanam lebih dari 100 tahun yang lalu, sebuah pohon Cina langka di Cardiff, Inggris telah berbunga untuk pertama kalinya. Pohon langka yang memiliki nama latin Emmenopterys Henryi ini, menghasilkan bunga-bunga berwarna putih krem di taman Roith Park. 

Munculnya bunga pada Emmenopterys Henryi merupakan sebuah fenomena langka yang dianggap sebagai hasil dari musim dingin yang diikuti oleh kondisi gelombang panas.

Pohon Cina Langka Berbunga Pertama Sejak 100 Tahun Lalu. (Foto: quarryhillbg.org)
Pohon Cina Langka Berbunga Pertama Sejak 100 Tahun Lalu. (Foto: quarryhillbg.org)

Diketahui, seorang ahli botani bernama Ernest Wilson pertama kali memperkenalkan bunga Emmenopterys Henryi ke Eropa sejak lebih dari 100 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1907, dengan bunga pertama yang diketahui di Italia pada tahun 1971. Pohon tersebut telah tumbuh menjadi yang terbesar atau terbaik dari jenisnya di Inggris. Pohon ini diperkirakan ditanam pada awal abad ke 20.

Baca  Inilah Ahmed dan Rasheed Si Anak Matahari Dari Pakistan

“Ini benar-benar sesuatu yang istimewa untuk dilihat,” kata Gareth Stamp, seorang petugas taman umum seperti dilansir BBC, Sabtu (11/8). Gareth Stamp mengaku sudah berjalan melewati pohon ini satu juta kali, tetapi dia tidak pernah berharap melihatnya dengan bunga. “Dan siapa yang tahu, ini jarang terjadi, mungkin aku tidak akan pernah melihatnya lagi,” kata dia.

Sekitar lima tahun lalu, pohon cina langka yang sama yang dibawa Ernest Wilson tercatat pernah berbunga di Taman Botani Universitas Cambridge, Inggris. Peneliti bernama Dr Tim Upson mengatakan kejadian Emmenopterys Henryi berbunga adalah suatu feristiwa yang sangat langka dan bunganya juga spesimen yang amat jarang.

Baca  Musim Angin Antisipasi Pohon Tumbang Lakukan Pemangkasan Dahan

“Kejadian ini mungkin sekali seumur hidup, kesempatan yang hanya bisa dilihat per generasi,” ucap dia dikutip dari BBC. 

Di Inggris, selain tercatat pernah berbunga di Taman Botani Universitas Cambridge, ternyata pohon cina langka ini pun tercatat pernah berbunga di Wakehurst, Sussex pada tahun 1987. Hanya saja kemudian berbunga lagi di lokasi yang sama tahun 2010.

Sungguh sebuah pohon langka yang sangat layak disebut pohon unik, dikarenakan butuh waktu yang sangat lama untuk berbunga kembali, bahkan bisa mencapai 100 tahun lamanya.

 


– Virendra – 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PopulerLeft Menu Icon