Home » Populer » Salina Turda, Taman Hiburan Bawah Tanah Terbesar Di Dunia

Salina Turda, Taman Hiburan Bawah Tanah Terbesar Di Dunia

Salina Turda, Taman Hiburan Bawah Tanah Terbesar Di Dunia

QARAO.com, Rumania – Pernahkah Anda membayangkan, ada sebuah taman hiburan raksasa di dalam tanah? Taman hiburan yang berisi aneka permainan yang siap memanjakan pengunjung.

Ya, taman hiburan seperti ini dapat kita temukan di Rumania namanya Taman Hiburan Bawah Tanah Salina Turda. 

Salina Turda, Taman Hiburan Bawah Tanah Terbesar Di Dunia. (Foto: elitereaders.com)
Salina Turda, Taman Hiburan Bawah Tanah Terbesar Di Dunia. (Foto: elitereaders.com)

Salina Turda merupakan salah satu keajaiban tersembunyi yang dibangun di dalam tambang garam kuno.

Lantas, apa yang bisa pengunjung lihat di kedalaman 400 kaki di bawah tanah ini? Sangat menakjubkan bahwa di sini Anda bisa melihat kincir raksasa, museum, bianglala, ampiteater, arena olahraga, bowling, dan golf sampai danau buatan yang dilengkapi dengan perahu pun ada disini. 

Bianglala di Taman Hiburan Salina Turda ini tingginya mencapai 20 meter dan memiliki 6 gondola yang masing-masing bisa memuat 8 orang. 

Saat menaiki bianglala, para pengunjung akan dibawa berputar selama 8 menit untuk menikmati pemandangan dari atas di bawah tanah. 

Bagi pengunjung yang suka main golf bisa menyalurkan hobinya disini, karena terdapat 6 jalur berbeda bagi pengunjung dewasa dan anak-anak. 

Tak hanya itu, arena olahraga di Salina Turda juga dilengkapi dengan arena bowling, tenis meja serta meja biliard.

Baca  Inka Tiitto "Dancing With Gravity" Sang Penari di Terowongan Angin
Salina Turda, Taman Hiburan Bawah Tanah Terbesar Di Dunia. (Foto: tvpoolonline.com)
Salina Turda, Taman Hiburan Bawah Tanah Terbesar Di Dunia. (Foto: tvpoolonline.com)

Yang tak kalah menariknya, pengunjung juga bisa menonton konser juga di Salina Turda ini, tepatnya di Ampiteater miliknya yang sanggup menampung 180 orang. Di Ampiteater ini juga kadang diadakan pemutaran film.

Bagi pengunjung yang datang bersama pasangan, bisa mencoba naik perahu yang ada di danau buatan di Taman Hiburan Bawah Tanah Terbesar Di Dunia ini, agar terasa lebih romantis.

Salina Turda, Taman Hiburan Bawah Tanah Terbesar Di Dunia. (Foto: commons.m.wikimedia.org)
Salina Turda, Taman Hiburan Bawah Tanah Terbesar Di Dunia. (Foto: commons.m.wikimedia.org)

Pengunjung yang suka wisata sejarah pun dimanjakan disini, karena di Salina Turda terdapat museum yang memiliki tiga ruang tambang, yaitu Terezia, Anton dan Rudolf. 

Ketiga ruang tambang ini masing-masing memiliki kedalaman 120 meter, 108 meter dan 42 meter di permukaan tanah.

Baca  Sensasi Kuliner Di Restoran Air Terjun Labasin

Objek wisata ini begitu menarik bagi wisawatan, sehingga tak kurang dari 600 ribu pengunjung yang datang dalam setahun untuk menyaksikan keunikannya.

Mengunjungi Taman Hiburan Salina Turda sama dengan mengunjungi salah satu tambang garam tertua di dunia. 

Bagaimana tidak, tambang garam yang terdapat di daerah Turda ini mulai terbentuk pada 1 Mei 1271. Hal ini disebutkan dalam dokumen yang dikeluarkan oleh kanselir Hungaria.

Bekas tambang garam ini berhenti beroprasi pada tahun 1932 karena dijadikan tempat persembunyian, tempat menyimpanan keju dan perlindungan bom pada Perang Dunia II lalu.

Diperkirakan ada lebih dari tiga miliar ton garam telah ditambang dari Taman Hiburan Bawah Tanah ini sejak ekstraksi dimulai.

Baca  Royal Islamic Strategic Studies Centre: 50 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia, Jokowi di Urutan 16

Kepala layanan pariwisata untuk Salina Turda bernama Tudor Bodea mengatakan, kebanyakan orang tidak pernah melihat tempat seperti ini.

“Ini adalah sejarah yang menarik dan hanya dalam dua tahun, tambang garam benar-benar diubah menjadi ‘dunia bawah tanah’ yang membawa suka cita dan daya tarik untuk banyak pengunjung setiap tahun.”

Bagi pengunjung yang ingin menyaksikan taman unik di perut bumi ini tak perlu khawatir, karena taman ini dapat diakses melalui lift labirin dan tangga.

Dan akhirnya pada tahun 1992 Salina Turda yang terletak di kota Turda, Rumania ini pun jadi Taman Hiburan Bawah Tanah Terbesar di Dunia, dengan dana investasi sebesar 6 juta Euro.

Bagaimana, anda tertari untuk berwisata ke Salina Turda, Taman Hiburan yang sangat unik di perut bumi Rumania. Selamat berwisata.

 

– Virendra – 

Selasa, 20 Agustus 2019