Home » Inform » Sambut HUT RI Pemkab Probolinggo Ajak Warga Probolinggo Kibarkan Bendera Merah Putih Di Tebing
Sambut HUT RI Pemkab Probolinggo Ajak Warga Probolinggo Kibarkan Bendera Merah Putih Di Tebing. (Foto: Risty)
Sambut HUT RI Pemkab Probolinggo Ajak Warga Probolinggo Kibarkan Bendera Merah Putih Di Tebing. (Foto: Risty)

Sambut HUT RI Pemkab Probolinggo Ajak Warga Probolinggo Kibarkan Bendera Merah Putih Di Tebing

QARAO.com, Probolinggo — Warga Desa Kalianan Desa Kalianan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo sambut Peringatan Puncak HUT RI Ke 74, dengan melakukan pengibaran bendera merah putih raksasa, di tebing Kalipedati.

Bendera Merah Putih sepanjang sepuluh meter dan lebar 5 meter itu, dikibarkan di tebing bebatuan luas yang memiliki ketinggian sekitar 74 meter. Tebing Di Kalipedati sendiri, berada di ketinggian sekitar 1300 meter dari permukaan laut.

Sementara petugas pengibaran bendera merah putih, berasal dari para atlit Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Probolinggo. Para pengibar bendera sendiri yang tergabung dalam atlit FPTI Kabupaten Probolinggo, diantaranya Azriel, Wicaksono, Syaiful Anwar dan Bambang.

Baca  Guyub Rukun di Tengah Keberagaman di Malam Peringatan Hari Kemerdekaan RI

Prosesi pengibaran bendera di tebing, dipimpin langsung Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko yang turut hadir dalam peringatan kemerdekaan RI tersebut.

Selain wakil bupati, pengibaran bendera merah putih juga diikuti sejumlah pelajar, Polres dan Kodim 0820 serta pejabat Pemkab Probolinggo.

Tak hanya pengibaran bendera di tebing, warga Desa Kalipedati juga melakukan pembentangan bendera merah putih raksasa sepanjang dua puluh meter dan lebar enam meter, di dasar tebing.

Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko menyebutkan, pengibaran bendera merah putih raksasa ditebing Kalipedati, merupakan langkah Pemkab Probolinggo menggali potensi wisata.

Dijelaskannya, jika Kabupaten Probolinggo memiliki sekitar 325 desa dan 5 kelurahan, dimana masing-masing memiliki potensi kekayaannya sendiri. Baik potensi sumber daya alam, sumber daya manusia yang dapat dikembangkan untuk kesejahteraan, kemakmuran masyarakat Probolinggo.

Baca  Keren! Lomba Poskamling Kecamatan Kota Di Hari Kemerdekaan RI Ke-74
Sambut HUT RI Pemkab Probolinggo Ajak Warga Probolinggo Kibarkan Bendera Merah Putih Di Tebing. (Foto: Risty)
Sambut HUT RI Pemkab Probolinggo Ajak Warga Probolinggo Kibarkan Bendera Merah Putih Di Tebing. (Foto: Risty)

“Sesuai Tagline nya “Endless Probolinggo” atau Probolinggo tak ada habisnya. Tentu selalu ada sesuatu yang baru di daerah ini,”kata Timbul.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Pemkab Probolinggo, Yulius Christian mengatakan, pengibaran bendera merah putih di tebing Kalipedati yang memiliki ketinggian 74 meter dipilih, sesuai dengan Hari Kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia.

Menurut Yulius, pengibaran Bendera Merah Putih ditebing, masih pertama kali dilakukan oleh Pemkab Probolinggo. Dimana tebing Kali Pedati sendiri, merupakan tebing yang indah dan masih belum terjamah masyakarat umum.

“Karena Tebing Kalipedati memiliki kontur yang indah dan cukup terjal, tentu sangat eksotis jika digunakan sebagai tempat pengibaran bendera. Dan pastinya ini momen berkesan, untuk peringatan hari kemerdekaan Indonesia,”kata Yulius, Jum’at (16/8/19).

Baca  Kakek di Probolinggo Ditangkap Polisi Membawa Sabu 40 Gram

Sementara pengibar bendera termuda, Azriel mengatakan, butuh sekitar 10 hari untuk berlatih dan mempersiapkan pengibaran bendera. Meski cukup sulit karena medannya tebing, namun dengan keberanian kuat bisa dilewati

“Awalnya sulit, tapi setelah berlatih ditambah keberanian dan semangat, senang akhirnya bisa mengibarkan,”ungkap pemuda berusia 13 tahun tersebut.

[risty] — via qarao-post

Kamis, 22 Agustus 2019