Home » Terkini » Satgas Pangan Pantau Stok Pangan Dan Harga Kebutuhan Pokok di Sejumlah Pasar
Satgas Pangan Pantau Stok Pangan Dan Harga Kebutuhan Pokok di Sejumlah Pasar (Foto: Risty)

Satgas Pangan Pantau Stok Pangan Dan Harga Kebutuhan Pokok di Sejumlah Pasar

QARAO.com, Probolinggo — Tim Satgas Pangan bersama Wali Kota Probolinggo, melakukan inspeksi mendadak ke Pasar Baru yang merupakan pasar tradisional kota setempat, Senin (15/5/2019).

Sidak dilakukan guna mengetahui kondisi harga pasar saat ramadan, apakah ada tidaknya permainan harga serta aksi penimbunan oleh pedagang.

Dari pantauan petugas barang yang sebelumnya diketahui mengalami kenaikan harga, kini mulai turun.

Seperti harga bawang putih, saat ini harganya masih dikisaran Rp 35 perkilogram, turun dari sebelumnya yang sempat tembus Rp 80 ribu perkilogram.

Sementara barang yang mengalami sedikit penurunan harga yakni, daging Ayam Broiler seharga Rp 32 ribu perkilogram. Turun harga dari sebelumnya, sebesar Rp 35 perkilogram. Dan untuk ayam kampun tetap, berada di harga Rp 60 ribu perkilogram.

Baca  VIDEO: Kemacetan Kian Parah Akibat Adanya Tawuran di Pasar Rumput Jakarta

Lainnya harga daging sapi masih berada dikisaran Rp 100 hingga Rp 110 perkilogram, harga ini masih terpantau stabil, namun tidak menutup kemungkinan akan mengalami lonjakan harga saat mendekati lebaran mendatang.

Satgas Pangan Pantau Stok Pangan Dan Harga Kebutuhan Pokok di Sejumlah Pasar (Foto: Risty)

Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin menyampaikan, dari pantauan di lapangan secara umum harga kebutuhan pokok di pasar tradisonal, masih terpantau normal. Bahkan beberapa barang, diketahui cenderung mengalami penurunan harga.

Selain itu, ketersediaan sembako dan daging masih aman sampai pasca lebaran mendatang.

“Secara umum harga dan ketersediaan bahan pokok di Kota Probolinggo masih normal, saya harap kondisi ini terus terjaga sampai usai lebaran mendatang,”pinta Hadi.


Sementara itu, Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal meminta para pelaku pasar agar tidak main-main dengan harga barang atau melakukan kartel. Jika nantinya hal itu diketemukan, ia mengaku tak segan mengambil tindakan tegas dan memprosesnya secara hukum.

Baca  Ternyata Ada 2 Korban Pencabulan Dilakukan ASN Bawaslu Kota Probolinggo

“Saya minta tidak ada yang coba-coba mempermainkan harga pasar, atau bahkan melakukan aksi penimbunan. Karena ada tindakan tegas dan sanksi, yang pastinya diberikan kepada pelakunya,”tegas Kapolresta.

. (Risty)

TerkiniLeft Menu Icon