Home » Populer » S’cool Bus, Bus Sekolah Kayuh Idaman Siswa Sekolah di Belanda
Bus Sekolah Kayuh di Belanda
Bus Sekolah Kayuh di Belanda

S’cool Bus, Bus Sekolah Kayuh Idaman Siswa Sekolah di Belanda

S’cool Bus, Bus Sekolah Kayuh Idaman Siswa Sekolah di Belanda

QARAO.com, Belanda – Saat ini banyak negara di dunia ini mengeluhkan tingginya tingkat polusi udara yang terjadi di sekitar mereka, baik polusi udara yang bersumber dari asap pabrik maupun dari kendaraan bermotor.

Namun hal itu tidaklah terjadi bagi warga Belanda, karena warga Belanda justru bisa menikmati udara bersih nan sehat disebabkan kebiasaan mereka menggunakan sepeda untuk kebutuhan transportasi sehari-hari yang sangat membantu dalam mengurangi polusi udara.

Di negeri Kincir Angin, Belanda, sepeda memang menjadi pilihan utama untuk memenuhi kebutuhan transportasi warga.

Baca Juga  Selain Rumah Warga, Pemerintah Segera Bangun Kembali Sekolah-Sekolah yang Roboh

Berkaitan dengan kebiasaan warga Belanda dalam mengayuh sepeda, ada inovasi unik yang dikembangkan beberapa tahun belakangan, yaitu bus sekolah yang dikayuh atau lebih dikenal dengan sebutan S’cool Bus.


Bus Sekolah Kayuh di Belanda
Bus Sekolah Kayuh di Belanda. (Foto: Treehugger.com)

Tujuan utama dalam penggunaan Bus Sekolah Kayuh ini adalah sebagai sarana transportasi untuk mengantar dan menjemput anak-anak sekolah di Belanda.

Ukuran bus ini cukup besar, karena dirancang untuk bisa menampung 10 penumpang anak-anak dengan rentang usia sekitar 4-12 tahun, dan dikemudikan oleh satu orang dewasa.

Meskipun Bus Sekolah Kayuh ini digerakan oleh tenaga manusia, namun aspek keselamatan dan kenyamanan para penumpang tetap diutamakan.

Baca Juga  Inka Tiitto "Dancing With Gravity" Sang Penari di Terowongan Angin

Makanya setiap penumpang anak-anak akan diberikan helm dan jaket keamanan untuk dikenakan selama berada dalam Bus Kayuh ini.

Hebatnya lagi, selain menggunakan tenaga kayuh, bus sekolah ini juga dilengkapi dengan sebuah mesin yang berfungsi sebagai tenaga cadangan dengan kecepatan rata-rata 16 kilo meter per jam.

Namun mesin cadangan ini tidak digunakan sepanjang perjalanan, melainkan hanya digunakan pada saat jalanan menanjak, atau jika anak-anak sudah lelah mengayuh.

Bus Sekolah Kayuh ini, selain istimewa dan belum banyak negara yang memilikinya, sarana transportasi ini pun cukup hebat dan didukung oleh berbagai kalangan karena menanamkan kegemaran bersepeda kepada anak-anak.

Baca Juga  Viral, Anak Ini Tidur Saat Bersepeda, Lihat Apa yang Terjadi

Tidak hanya ramah lingkungan, Bus Sekolah Kayuh ini pun bebas polusi dan pastinya akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat.

Bagaimana, budaya bersepeda di negeri Ratu Bellatrix ini sangat seru dan menginspirasi kan?

Menginspirasi kita semua agar senantiasa menjaga lingkungan dengan mengurangi polusi udara, demi kesehatan kita semua.

– Virendra –

PopulerLeft Menu Icon