Sosialisasi Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2020 . (Foto: Risty)
Sosialisasi Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2020 . (Foto: Risty)

Sosialisasi Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2020

QARAO.com, Probolinggo – Danramil 0820/08 Sukapura, Kapten Arh Heri Widodo turut serta menghadiri rapat Sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2020 yang di selenggarakan oleh BPN Kabupaten Probolinggo. Bertempat di Aula Desa Ngepung Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo, Selasa, (11/02/20)

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Gede Astawan dari BPN, Adi kasi pengukuran, Sekcam Sukapura Purnomo, Kapolsek Sukapura diwakili Brigpol Hermawan, Danramil Aukapura Kapten Arh Heri Widodo, Kades Ngepung Cemplon, dan masyarakat Desa Ngepung sekitar 100 orang.

Pada kegiatan tersebut ketua team BPN Kabupaten Probolinggo Bpk Gede Astawan menjelaskan Pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) merupakan kegiatan pendaftaran tanah yang dilakukan secara serentak yang meliputi semua objek pendaftaran tanah yang belum didaftar dalam satu wilayah desa/kelurahan, dan juga termasuk pemataan seluruh objek pendaftaran tanah yang sudah terdaftar dalam rangka menghimpun dan menyediakan informasi lengkap mengenai bidang-bidang tanahnya.

Baca  Walikota Probolinggo Ajak Rembuk Wartawan Hasil Kerja Setahun

Selain itu lanjutnya Program PTSL bermaksud mengurangi dan mencegah sengketa atau konflik pertanahan dengan tujuan untuk mempercepat pemberian kepastian hukum dan perlindungan hukum hak atas tanah masyarakat serta untuk kemakmuran masyarakat. Gede juga menyampaikan untuk tanah yang belum bersertifikat segera di daftarkan agar memiliki kekuatan hukum hak tanah dan tentang biaya yang di tanggung pemilik tanah harus musyawarah jangan sampai ada Pungli/ Korupsi dari Panitia Desa dan biar tidak masuk dalam jerat hukum. Ujar Gede Astawan ketua Team BPN Kabupaten Probolinggo

Sosialisasi Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2020 . (Foto: Risty)
Sosialisasi Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2020 . (Foto: Risty)

Selanjutnya sambutan Danramil 0820/08 Sukapura, Kapten Arh Heri Widodo, Mengatakan Bahwa,”Sosialisasi ini merupakan suatu Program Pemerintah dalam rangka mewujudkan legalitas pemilik tanah berupa sertifikat dimana untuk biaya ditanggung oleh pemerintah alias gratis. Kami berharap program ini bisa terlaksana dengan baik dan tidak minimbulkan masalah. Dan tak lupa mari kita saling menjaga Keamanan lingkungan agar situasi tetap aman dan kondusif. pungkasnya

Baca  Babinsa Koramil 0820/23 Gading Bantu Warga Panen Padi

Sementara itu Kades Ngepung Cemplon mengucapkan banyak terima kasih dengan hadirnya program PTSL ini sehingga diharapkan nanti di wilayah Desa Ngepung tidak ada permasalahan/konflik masalah tanah.

Cemplon juga menuturkan bahwa pada kegiatan Sosialisasi tersebut Masyarakat Desa Ngepung sangat antusias menyambut program pemerintah tentang PTSL ini dengan harapan bisa memberikan kepastian hukum tentang hak atas tanah milik serta berguna bagi kesejahteraan warganya.

[risty] — via qarao-post

Selanjutnya

Pipa PDAM Bocor Krisis Air Bersih, Walikota Probolinggo Droping Air Dan Cek Langsung Perbaikan. (Foto: Risty)

Pipa PDAM Bocor Krisis Air Bersih, Walikota Probolinggo Droping Air Dan Cek Langsung Perbaikan

QARAO.com, Probolinggo – Gejolak masyarakat Kota Probolinggo terkait krisis air bersih, sejak beberapa hari ini, …

Dandim 0820/Probolinggo Hadiri Upacara Hari Pers Nasional Tahun 2020. (Foto: Risty)

Dandim 0820/Probolinggo Hadiri Upacara Hari Pers Nasional Tahun 2020

QARAO.com, Probolinggo – Hari Pers Nasional ke 74 yang jatuh tanggal 9 Februari tahun 2020 …

Minggu, 16 Februari 2020