Home » Terkini » Untuk Menangkap Kawanan Monyet Teror Warga, Pihak BKSDA Akan Pasang Perangkap Jebakan
Untuk Menangkap Kawanan Monyet Teror Warga, Pihak BKSDA Akan Pasang Perangkap Jebakan (Foto: Risty)

Untuk Menangkap Kawanan Monyet Teror Warga, Pihak BKSDA Akan Pasang Perangkap Jebakan

QARAO.com, Probolinggo – Pasca serangan monyet liar terhadap balita usia 40 hari di Kota Probolinggo, yang membuat korban luka di bagian wajah dan kepala belakangnya akibat benturan, Sabtu lalu (20/04).

Rencananya Balai Konservasi Sumber Daya Alam, Wilayah 6 Probolinggo menempatkan kandang perangkap bagi monyet liar yang membahayakan tersebut.

Disampaikan Kasi Konservasi BKSDA, Wilayah 6 Probolinggo, Mamat Ruhimat pemasangan perangkap dilakukan agar monyet liar segera tertangkap, dan tidak menyerang warga kembali.

“Akan kita pasang kandang perangkap, agar monyet-monyet liarnya tidak menyerang warga,”kata Mamat via selulernya, Kamis (25/04/2019).

Mamat menjelaskan, monyet yang menyerang warga merupakan monyet jenis ekor panjang, dimana karakternya akan menyerang siapa saja yang mengganggunya.

Baca  VIDEO: OTT Pegawai Kemenag yang Korupsi Dana Pembangunan Masjid Pascagempa NTB
Untuk Menangkap Kawanan Monyet Teror Warga, Pihak BKSDA Akan Pasang Perangkap Jebakan (Foto: Risty)

“Monyet yang menyerang warga itu, karakternya tidak suka diganggu. Makanya kalU dia terancam atau merasa terganggu, akan melakukan serangan,”tukasnya.


Ditanya soal asal monyet liar, Mamat menyampaikan, jika monyet tersebut memilih tinggal di perkampungan Kelurahan Kedungasem, lantaran daerah setempat nyaman untuk berlindung serta ketersediaan makanan mencukupi.

Disinggung rencana Lurah Kedungasem yang akan bekerjasama dengan Perbakin (Persatuan Menembak Indonesia), untuk menangkap monyet liar.

Mamat mempersilahkan, asalkan dalam peroses penangkapannya dirasa membahayakan. Namun jika bisa ditangkap dengan mudah, Mamat menyarankan agar monyet tersebut tidak ditembak bahkan dibunuh.

Sementara apabila monyet liar yang menyerang warga, berhasil terkena perangkap BKSDA. Mamat menyampaikan selanjutnya monyet tersebut, akan diamankan ke balai penangkaran monyet liar.

Baca  VIDEO: Aksi Vandalisme Terjadi di Masjid Al-Hikmah Lebak Bulus Jakarta

. (Risty)


TerkiniLeft Menu Icon