Home » Terkini » Usai Banjir Petugas Bersihkan Sampah Dialiran Sungai
Usai Banjir Petugas Bersihkan Sampah Dialiran Sungai (Foto: Risty)

Usai Banjir Petugas Bersihkan Sampah Dialiran Sungai

QARAO.com, Probolinggo – Genagan air kerap terjadi dalam kota Probolinggo terutama saat hujan deras mengguyur kota Probolinggo.

Salah satu titik banjir yang terpantau saat hujan deras mulai dini hari, adalah lokasi saluran kali Pancor yang ada di Jalan Basuki Rachmad, yang disebabkan terjadi penyumbatan di aliran air menuju laut.

Ini terungkap setelah tim dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menelusuri sejumlah selokan dan yang ada di kota probolinggo.

Menurut Kepala Dinas PUPR Kota Probolinggo, Amin Fredy, waktu malam lalu melihat sejumlah genangan air diruas jalan Kota Probolinggo pihaknya pada pagi hari langsung memeriksa seluruh saluran air. Pihak PUPR menemukan beberapa tumpukan sampah di dalam saluran air tersebut.

Baca  Prabowo Merestui Mantan Napi Korupsi Jadi Wagub Jakarta, PKS Siap Bertarung

“Cukup banyak anggota kita tadi menemukan sampahnya menumpuk di dalam selokan, setelah di bersihkan baru aliran air berjalan lancar,” ungkapnya. Kamis (29/11/2018).

Kondisi ini ditemukan di dua saluran air yang tertutup. Petugas PUPR masih melakukan pembersihan di dua titik tersebut yang berada di jalan Basuki Rachmad serta beberapa titik lainnya

“Baru beberapa titik yang kita temukan sementara ini kita juga sedang melakukan pemeriksaan di titik lainnya saluran air yang ada di Kota Probolinggo,” terang Amin.

Usai Banjir Petugas Bersihkan Sampah Dialiran Sungai (Foto: Risty)

Selain penumpukan sampah, beberapa titik saluran air yang ada juga mengalami penyempitan dan pendangkalan. Ini terjadi karena sejumlah lumpur mengendap disaluran tersebut.

Baca  Maman Imanulhaq : Stop Politisasi Agama

“Kedepan akan kita upayakan melakukan pembersihan saluran ini. Selain itu juga akan kita usahakan saluran tertutup menggunakan plat.


“Sehingga saat terjadi peningkatan air seperti saat ini bisa kita buka dan memudahkan saluran air mengalir ke laut,” terangnya.

Pihaknya juga berharap dengan kejadian hari ini menjadi pelajaran bagi masyarakat untuk tidak membuang sampah ke dalam selokan atau saluran air. Karena bisa menyebabkan tergenangnya air seperti saat ini ketika hujan berlangsung.

Puluhan personel PUPR, diturunkan untuk membersihkan sampah dan lumpur sisa banjir di tempat tersebut. Mereka berjibaku melakukan pembersihan.

Dari Pantauan qarao. com Tampak para petugas yang tersebar di sejumlah titik melakukan pembersihan.

Baca  Pasal Berlapis untuk Penyebar Hoax 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos

Sebagian petugas membersihkan sampah-sampah di sungai juga ada yang mengangkut sampah yang berada di sekitar lokasi di naikkan keatas truk untuk di buang ke TPA. Pengerjaan hari ini ditargetkan untuk membersihkan kali dan sisa-sisa lumpur di sekitar wilayah tersebut.

. (Risty)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TerkiniLeft Menu Icon