Home » Terkini » VIDEO: 5 Mobil Damkar dan Mobil Water Canon Polresta Probolinggo Diterjunkan Padamkam Api Membakar Klenteng Tri Dharma Sumber Naga

VIDEO: 5 Mobil Damkar dan Mobil Water Canon Polresta Probolinggo Diterjunkan Padamkam Api Membakar Klenteng Tri Dharma Sumber Naga

QARAO.com, Probolinggo – Sebuah kendaraan watercanon milik kepolisian dari Polresta Probolinggo, diterjunkan guna membantu memadamkan api yang masih melalap Klenteng Tridharma Sumbernaga, Sabtu dini hari (18/5/2019).

Pasalnya hingga saat ini, percikan-percikan api masih menyala di sejumlah titik bangunan yang masuk cagar budaya di Kota Probolinggo itu.

Sementara jemaat klenteng beserta warga sekitar, hanya bisa melihat sisa bangunan klenteng yang terbakar sejak Jum’at tengah hingga Sabtu dini hari.

Sejumlah warga tak menyangka, jika klenteng Sumber Naga yang selama ini menjadi tempat peribadatan dan salah satu lokasi wisata budaya, secara cepat ludes akibat dilalap api.

Seperti dikatakan Rizal warga Kota Probolinggo, yang sengaja datang untuk melihat Klenteng Sumber Naga yang terbakar.

5 Mobil Damkar Dan Mobil Water Canon Polresta Probolinggo Diterjunkan Padamkam Api Membakar Klenteng Tri Dharma Sumber Naga (Foto: Risty)
5 Mobil Damkar Dan Mobil Water Canon Polresta Probolinggo Diterjunkan Padamkam Api Membakar Klenteng Tri Dharma Sumber Naga (Foto: Risty)

Menurutnya ia sangat menyayangkan, bangunan bersejarah dan cagar budaya tersebut harus hangus karena dilalap api.

Baca  VIDEO: Detik-detik Ponsel Milik Pegawai Pemprov Riau Meledak Saat Isi Daya, Korban Pingsan

“Sayang klentengnya terbakar , padahal ini salah satu aset bangunan sejarah yang ada di Probolinggo. Selain buat ibadah biasanya juga jadi jujugan wisatawan lokal hingga mancanegara,”ungkap Rizal.

Senada dikatakan Winda, warga Kota Probolinggo lainnya. Ia berharap meski klenteng terbakar, benda – benda bersejarah yang ada di dalam klenteng bisa diselamatkan.

“Semoga bangunannya saja terbakar ya, dan yang lainnya tidak. Karena setahu saya banyak benda dalam klenteng yang berusia kuno tersimpan,”ujarnya.

Sampai saat proses pemadaman terus dilalukan oleh petugas pemadam kebakaran dan polisi. Baik menggunakan mobil PMK maupun watercanon.

Berikut ini video saat terjadi kebakaran di Klenteng Tri Dharma Sumber Naga Kota Probolinggo, beserta komentar Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, dan Kapolres Kota Proboliggo AKBP Alfian Nurrizal, serta tokoh masyarakat Tionghoa Rudy Ghofur:

View this post on Instagram

Klenteng Tri Dharma Sumber Naga di Kota Probolinggo Terbakar, Sabtu (18/5/19). . QARAO.com, Probolinggo – Peristiwa kebakaran yang menimpa Klenteng Tri Dharma, Sumber Naga di Kota Probolinggo terjadi sehari sebelum Hari Raya Waisak, Minggu 19 Mei 2019. Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin yang juga hadir menyaksikan peristiwa kebakaran, mengaku prihatin atas apa yang menimpa Klenteng Tri Dharma, Sumbernaga. Menurutnya Klenteng Tridarma, Sumbernaga merupakan bangunan cagar budaya yang ada di kota setempat. Dimana keberadaannya sudah ratusan tahun, serta telah jadi jujugan wisata. “Sungguh terjadinya kebakaran ini diluar dugaan, semoga apinya lekas padam dan tak merembet ke lokasi lainnya,”harapnya, Sabtu (18/5/2019). Sementara dengan terjadinya kebakaran yang melanda Klenteng Tri Dharma, Sumbernaga di Kota Probolinggo, Jum’at (17/5) pukul 23:30 WIB. Wali Kota Probolinggo, akan mengevaluasi sejumlah tempat penting yang ada di Kota Probolinggo, dengan melengkapi sarana dan prasarananya. Tujuannya, agar peristiwa serupa tidak terjadi kembali di Kota Probolinggo, dimana saat ini kebakaran melanda bangunan cagar budaya. Meski kobaran api di areal Klenteng sudah berangsur padam, namun warga Kota Probolinggo sampai saat ini terus bertumpuk dilokasi. Banyak warga yang penasaran, hendak melihat sisa-sisa kebakaran yang menimpa Klenteng, Sumbernaga. .. Temukan informasi tercepat dan menarik di www.QARAO.com

A post shared by Qarao.com (@qaraocom) on

. (Risty)

Jum'at, 20 September 2019