Home » Terkini » VIDEO: 5 Mobil Damkar dan Mobil Water Canon Polresta Probolinggo Diterjunkan Padamkam Api Membakar Klenteng Tri Dharma Sumber Naga

VIDEO: 5 Mobil Damkar dan Mobil Water Canon Polresta Probolinggo Diterjunkan Padamkam Api Membakar Klenteng Tri Dharma Sumber Naga

QARAO.com, Probolinggo – Sebuah kendaraan watercanon milik kepolisian dari Polresta Probolinggo, diterjunkan guna membantu memadamkan api yang masih melalap Klenteng Tridharma Sumbernaga, Sabtu dini hari (18/5/2019).

Pasalnya hingga saat ini, percikan-percikan api masih menyala di sejumlah titik bangunan yang masuk cagar budaya di Kota Probolinggo itu.

Sementara jemaat klenteng beserta warga sekitar, hanya bisa melihat sisa bangunan klenteng yang terbakar sejak Jum’at tengah hingga Sabtu dini hari.

Sejumlah warga tak menyangka, jika klenteng Sumber Naga yang selama ini menjadi tempat peribadatan dan salah satu lokasi wisata budaya, secara cepat ludes akibat dilalap api.

Baca  Di Era Jokowi, Anak Muda Jalankan Pemerintahan di Lingkar Terdekat Kekuasaan

Seperti dikatakan Rizal warga Kota Probolinggo, yang sengaja datang untuk melihat Klenteng Sumber Naga yang terbakar.

5 Mobil Damkar Dan Mobil Water Canon Polresta Probolinggo Diterjunkan Padamkam Api Membakar Klenteng Tri Dharma Sumber Naga (Foto: Risty)
5 Mobil Damkar Dan Mobil Water Canon Polresta Probolinggo Diterjunkan Padamkam Api Membakar Klenteng Tri Dharma Sumber Naga (Foto: Risty)

Menurutnya ia sangat menyayangkan, bangunan bersejarah dan cagar budaya tersebut harus hangus karena dilalap api.

“Sayang klentengnya terbakar , padahal ini salah satu aset bangunan sejarah yang ada di Probolinggo. Selain buat ibadah biasanya juga jadi jujugan wisatawan lokal hingga mancanegara,”ungkap Rizal.


Senada dikatakan Winda, warga Kota Probolinggo lainnya. Ia berharap meski klenteng terbakar, benda – benda bersejarah yang ada di dalam klenteng bisa diselamatkan.

“Semoga bangunannya saja terbakar ya, dan yang lainnya tidak. Karena setahu saya banyak benda dalam klenteng yang berusia kuno tersimpan,”ujarnya.

Baca  Menipu Beli 30 Ribu Biji Batu Bata, Pria Cepak Ngaku Anggota TNI Ditangkap

Sampai saat proses pemadaman terus dilalukan oleh petugas pemadam kebakaran dan polisi. Baik menggunakan mobil PMK maupun watercanon.

Berikut ini video saat terjadi kebakaran di Klenteng Tri Dharma Sumber Naga Kota Probolinggo, beserta komentar Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, dan Kapolres Kota Proboliggo AKBP Alfian Nurrizal, serta tokoh masyarakat Tionghoa Rudy Ghofur:

. (Risty)

TerkiniLeft Menu Icon