Home » Inform » VIDEO: Antisipasi Laka Lantas Seperti di Tol Cipularang, Satlantas Polres Probolinggo Libatkan Dishub Gelar Razia di Jalur Pantura

VIDEO: Antisipasi Laka Lantas Seperti di Tol Cipularang, Satlantas Polres Probolinggo Libatkan Dishub Gelar Razia di Jalur Pantura

QARAO.com, Probolinggo – Antisipasi lakalantas laka beruntun yang melibatkan truk dan sejumlah kendaraan di tol Cipularang di Jawa Barat kemarin, Satlantas Polres Probolinggo, bekerja sama dengan Dishub dan petugas Uji Kir, gelar razia di jalur Pantura, Desa Curah Sawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo. Jumat (06/9/19).

Satu persatu petugas kepolisian sabuk putih dan petugas Dishub setempat, memberhentikan truk tronton, trailer dan kendaraan muatan barang, petugas langsung cek rem, lampu, handrem, klakson, dan ban truk.

Alhasil, petugas banyak menemukan truk tidak layak jalan, mulai dari ban tipis, memodifikasi tanpa memperhatikan spesifikasi yang sudah ditentukan, langsung diperintahkan untuk menganti ban dan memperingati untuk dikembalikan asal, karena membahayakan jiwa orang lain.

Baca  Polisi Tembak Polisi 7 Kali Hingga Tewas di Depok

Untuk surat dan kir mati, petugas kepolisian memberikan tindakan berupa surat Tilang, guna memberikan efek jera bagi pelaku usaha transportasi muatan, serta memberikan himbauan ke para sopir untuk menolak berangkat, jika kendaraan tidak layak pakai.

Tak hanya itu, petugas juga melakukan razia kendaraan pribadi dan motor, untuk melaksanakan Operasi Patuh yang dimulai tanggal 29 Agustus hingga 11 September 2019.

Menurut Sugiono (57) asal Kabupaten Mojokerto, sopir truk tronton bermuatan besi dari Bali tujuan Sidoarjo. Alhamdulillah kendaraan truk yang dikemudikan tidak bermasalah, dan semuanya seperti rem, handrem dan aksesoris berfungsi dengan normal, saya senang dengan razia seperti ini, untuk mengingatkan arti keselamatan berlalu lintas dengan baik, dan menghindari kecelakaan.“Kendaraan yang dikemudikan Semua tombol berfungsi dengan normal, sangat senang dengan razia semacam ini, untuk mengingatkan arti keselamatan dan menghindari kecelakaan, keselamatan sangat penting untuk nyawa kita dan orang lain”ujar Sugiono saat diwawancarai.

Baca  Makodim 0820 Probolinggo Berhias Diri Dengan Daur Ulang Sampah Plastik

AKP Raharjo Sigit Purwanto, Kasatlantas Polres Probolinggo, dalam rangka Operasi Patuh yang akan digelar selama 12 hari ini, kita tingkatkan dan fokus ke kendaraan truk besar dan motor tanpa surat lengkap, untuk menekan kecelakaan seperti di Cipularang yang menelan 8 orang meninggal dunia, 3 luka bakar dan 25 luka ringan, ditambah kemarin truk trailer rem blong tabrak penjual kopi di Pasar Patalan Kabupaten Probolinggo sebabkan seorang tewas.

“Razia kali ini, kita fokuskan ke kendaraan truk besar, untuk menghindari kejadian kecelakaan seperti di tol Cipularang karena masalah Human Eror 2 truk, dan sudah menetapkan 2 orang tersangka, kita tidak mau kecolongan di saat gelar Ops Patuh saat ini yang masih berlangsung digelar”tegas Sigit yang pernah menjabat Kasatlantas Madiun Kota.

Baca  VIDEO: Oknum Guru Bimbel di Kota Mataram, Cabuli 7 Bocah di Bawah Umur

Perlu diketahui Satlantas Polres Probolinggo, sejak gelar Ops Patuh mulai tanggal 29 Agustus kemarin hingga saat ini, sudah menilang sebanyak 1500 pelanggaran.

[risty] — via qarao-post

Jum'at, 20 September 2019