Home » Terkini » VIDEO: Kanal Tempat Festival Lomba Dayung Perahu Naga di Padang Dipenuhi Sampah
Kanal Tempat Festival Lomba Dayung Perahu Naga di Padang Dipenuhi Sampah. (istimewa)
Kanal Tempat Festival Lomba Dayung Perahu Naga di Padang Dipenuhi Sampah. (istimewa)

VIDEO: Kanal Tempat Festival Lomba Dayung Perahu Naga di Padang Dipenuhi Sampah

QARAO.com, Padang – Padang International Dragon-Boat Festival (Festival Perahu Naga Internasional Padang) adalah kejuaraan perahu naga skala internasional yang dilaksanakan setiap tahun di Kota Padang, Sumatra Barat. 

Kanal Tempat Festival Lomba Dayung Perahu Naga di Padang Dipenuhi Sampah. (istimewa)
Kanal Tempat Festival Lomba Dayung Perahu Naga di Padang Dipenuhi Sampah. (istimewa)

Festival ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Padang, berlangsung selama empat hari pada bulan Agustus di banjir kanal GOR Haji Agus Salim.

Setiap tahunnya, ajang olahraga air ini diikuti oleh Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) se-Indonesia seperti Jambi, Riau, Bengkulu dan DKI Jakarta.

Pada 2018, lomba dayung perahu naga di Padang dimeriahkan oleh sejumlah tim dayung dari beberapa negara, seperti Jepang, Taiwan, Hongkong, Malaysia, Jerman, dan Indonesia dengan memperebutkan hadiah sebesar Rp190.000.000.

Baca  Peringatan, Mulai Tanggal 26 Juni 2019 Sudah Resmi Diberlakukan Tarif Tol Paspro

Tahun 2019, Pemerintah Kota Padang, Sumatra Barat bakal kembali menggelar Padang International Dragon Boat Festival (PIDBF). Kejuaraan perahu naga ini akan berlangsung dari tanggal 1 sampai 4 Agustus 2019 yang digelar di banjir kanal kawasan GOR Haji Agus Salim Padang.

Seperti tahun sebelumnya, festival sport tourisme ini akan diikuti oleh Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) yang tersebar di seluruh provinsi tanah air. Seperti DKI Jakarta, Jambi, Bengkulu, Riau dan sebagainya. Bahkan tim dayung perahu naga dari sejumlah negara pun ikut meramaikan festival tahunan ini.

Meski festival ini sudah belasan kali diselenggarakan di Kota Padang, namun pemandangan tidak semestinya justru ditemukan di arena perlombaan yaitu banyaknya sampah yang terbawa arus kanal.

Baca  Dibuka Mulai 5 Oktober 2018, Samara Sajikan Kuliner Khas Sunda

Seperti video yang diunggah akun @infosumbar di media sosial baru-baru ini. Banjir kanal yang menjadi tempat perhelatan Padang International Dragon Boat Festival dipenuhi banyak sampah dari hulu sungai.

Meskipun di banjir kanal ini telah dipasang jaring untuk menghalau sampah, namun tetap ada banyak sampah yang lolos ke arah laut.

Hal ini tentu saja menjadi hal yang  cukup mengganggu untuk perhelatan festival lomba dayung perahu naga.

Berikut ini video kanal tempat festival lomba dayung perahu naga di Padang dipenuhi sampah:

(rnd)

Jum'at, 20 September 2019