Home » Terkini » VIDEO: Kunker Menteri PPN/ Kepala Bappenas di Kota Probolinggo, Akan Kembangkan Potensi Pembangunan Pelabuhan Dan Kesehatan
Kunker Menteri PPN/ Kepala Bappenas di Kota Probolinggo, Akan Kembangkan Potensi Pembangunan Pelabuhan Dan Kesehatan (Foto: Risty)

VIDEO: Kunker Menteri PPN/ Kepala Bappenas di Kota Probolinggo, Akan Kembangkan Potensi Pembangunan Pelabuhan Dan Kesehatan

QARAO.com, Probolinggo – Kunjungan kerja Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional bersama para pejabat Kementrian PPN/ Kepala Bappenas, Bambang P. S. Brodjonegoro, anggota DPR RI Komisi XI dan pejabat Provinsi Jawa Timur di Kota Probolinggo.

Kedatangan Menteri PPN/ Kepala Bappenas ke Pemerintah Kota Probolinggo, diterima Walikota dan Wakil Walikota, Habib Hadi Zainal Abidin dan MS Subri beserta kepala OPD dan Muspida setempat. Sabtu (16/03/19).

Dalam kegiatan Kunker turut hadir diantaranya: 1. Deputi Bidang Pengembangan Regional (Ir. Rudy Soeprihadi Prawiradinata, MCRP, Ph. D), 2. Direktur Perkotaan, Perumahan dan Permukiman (Tri Dewi Virgiyanti, ST, MEM), 3. Direktur Pangan dan Pertanian (Ir. R. Anang Noegroho Setyo Moeljono, M. E. M), 4. Direktur Pendanaan Luar Negeri Bilateral Kurniawan Ariadi, SIP, M. Com, 5. Kepala Biro Humas dan Tata Usaha Pimpinan Parulian Goerge Andreas Silalahi, SE, M. Si, 6. Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur.

Dalam sambutan Walikota Probolinggo, berharap kerja sama Kota Probolinggo baik di sektor kesehatan, perekonomian, sektor pariwisata dan pengembangan pembangunan, tanpa adanya kerjasama pemerintah daerah dengan pemerintah pusat. Untuk yang kami rencanakan untuk membangun rumah sakit rujukan di tapal kuda.

Baca  Koalisi Alumni Universitas Diponegoro Dukung Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019
Kunker Menteri PPN/ Kepala Bappenas di Kota Probolinggo, Akan Kembangkan Potensi Pembangunan Pelabuhan Dan Kesehatan (Foto: Risty)

“Saya berharap peran serta dan kerja sama dari pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Pusat, untuk membangun perkembangan sektor pembangunan di bidang kepariwisataan dan kesehatan, untuk membangun rumah sakit rujukan di tapal kuda” jelas Habib Hadi saat di konfirmasi.

Faisol Riza, Anggota Komisi DPR RI Komisi XI, harapan Walikota Probolinggo sangat tepat dalam perencanaan pembangunan sangat tepat sekali, pas sekali bertepatan dengan kunjungan kerja Menteri PPN/ Kepala Bappenas di Pasuruan dan Kota dan Kabupaten Probolinggo, untuk kerjasama ke bapak menteri untuk membantu membangun Kota Probolinggo dalam 5 tahun kedepan, dan berharap Kota Probolinggo menjadi penyangga kota lain selain Kota Surabaya dan Malang nantinya.

“Dalam rencana Walikota Probolinggo untuk membangun sektor kepariwisataan dan kesehatan, sangat tepat, karena bertepan ada kunker menteri PPN/ Kepala Bappenas langsung, dan saya berharap ada kerjasama yang baik” ujar Faisol Riza saat berpidato di depan undangan.

Kunker Menteri PPN/ Kepala Bappenas di Kota Probolinggo, Akan Kembangkan Potensi Pembangunan Pelabuhan Dan Kesehatan (Foto: Risty)

Apalagi kemampuan Walikota Probolinggo tidak bisa diragukan lagi, dia pernah menjadi anggota DPR RI Komisi XI, dia tahu bagaimana mengatur pengeluaran dan pembangunan, karena Komisi XI mengatur dibidang tersebut, saya yakin Habib Hadib Zainal Abidin bisa.

Baca  VIDEO: Kesal AJB Tanah Belum Selesai, Pria ini Bakar Kantor Desa Sambil Live Facebook

Menteri PPN/ Kepala Bappenas, Bambang P. S. Brodjonegoro, saya berharap pengalaman Habib Hadi Zainal Abidin Walikota Probolinggo yang baru 2 bulan menjabat, dia udah tahu saat menjadi anggota DPR RI bisa dilaksanakan saat menjabat.

Kalau Kota Probolinggo ingin menjadi kota jasa regeional di daerah Jawa Timur dari Surabaya sampai Banyuwangi, ini syarat 3 kegiatan jasa, sebagai daerah penyangga untuk sektor pariwisata yakni menjadikan pintu masuk ke wisata gunung bromo tengger semeru, harus ada kerja sama dari Kabupaten dan Kota Probolinggo, dan jalan Tol Paspro yang akan difungsikan, itulah fungsikan dan kembangkan obyek wisata Baharinya, untuk membuat Wisatawan betah tinggal di kota ini, 2. Jasa trasportasi laut untuk menjadikan kelancaran usaha melalui Pelabuhan Nasional yang ada di Kota Probolinggo, untuk mengembangkan Pelabuhan Nasional Probolinggo, nanti kita akan jual ke investor di Kota dan Kabupaten Probolinggo, ada wilayah kawasan industri yang memiliki Pelabuhan untuk trasportasi usahanya. 3. Usaha padat karya seperti Testil, eletronik, yang melakukan usahanya di kawasan industri di Jawa Barat bisa mengembangkan industrinya di Jawa Timur.

Kunker Menteri PPN/ Kepala Bappenas di Kota Probolinggo, Akan Kembangkan Potensi Pembangunan Pelabuhan Dan Kesehatan (Foto: Risty)

Kemarin Walikota juga meminta untuk pengembangan pembangunan di bidang kesehatan, usulan perencanaannya untuk membangun rumah sakit baru, yang akan dijadikan menjadi rumah sakit rujukan di Jawa Timur bagian timur.

Baca  Ini Paparan Abu Vulkanik Hanya Terdampak Di 1 Titik di Wilayah Sukapura

“Untuk menjadi Kota Probolinggo lebih maju, ini yang harus dilakukan terlebih dahulu, majukan wisata bahari dan trasportasi laut, dan kembangkan industri di wilayah kawasan industri dekat dengan pelabuhan, dan ambil manfaat jalan tol, agar Kota Probolinggo menjadi Kota Jasa, kita pasti akan mensuport” tegas Bambang saat dikonfirmasi.

Saya berharap Kota Probolinggo untuk lebih maju, dan prioritas apa yang akan dikembangkan, karena harus ada prioritas pembangunan yang didahulukan, untuk menjadikan Kota Probolinggo menjadi Kota jasa agar manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat.

Ini rencana perbaikan yang akan dilakukan, jalan menuju ke pelabuhan, revitalisasi pasca Gunung Bromo erupsi, pengembangan TPA Regional (Tempat Pembuangan Akhir) dan PLTSa, pengembangan pelabuhan dan penataan kawasan pemukiman mayangan, pembangunan Rumah Sakit Rujukan, pengembangan potensi wisata.

. (Risty)

Jum'at, 20 September 2019