Home » Terkini » VIDEO: Pasangan Jokowi-Ma’ruf Tak Terbukti Pasang Videotron di Jalan Protokol
Pasangan Jokowi-Ma'ruf Tak Terbukti Pasang Videotron di Jalan Protokol
Pasangan Jokowi-Ma'ruf Tak Terbukti Pasang Videotron di Jalan Protokol

VIDEO: Pasangan Jokowi-Ma’ruf Tak Terbukti Pasang Videotron di Jalan Protokol

QARAO.com, Jakarta – Calon presiden dan calon wakil presiden RI nomor pemilihan 1 Joko Widodo – Ma’ruf Amin dinyatakan tidak terbukti telah memasang tayangan videotron kampanye di jalan protokol di Jakarta sebagaimana dilaporkan seorang warga bernama Sahroni. 

Bawaslu DKI Jakarta menilai, pelapor dan saksi pelapor tidak dapat membuktikan bahwa Jokowi-Ma’ruf yang memasang tayangan videotron tersebut. 

VIDEO: Pasangan Jokowi-Ma'ruf Tak Terbukti Pasang Videotron di Jalan Protokol
VIDEO: Pasangan Jokowi-Ma’ruf Tak Terbukti Pasang Videotron di Jalan Protokol

“Pelapor tidak mampu membuktikan dan mengungkap pelaku pemasangan alat peraga yang menjadi objek pelanggaran, demikian pula sesuai dengan fakta fakta persidangan,” kata Anggota Majelis Sidang Burhanudin dalam persidangan di Kantor Bawaslu DKI Jakarta, Jumat (26/10/2018). 

Majelis hakim sidang penanganan pelanggaran administratif pemilu Bawaslu DKI Jakarta menilai terlapor Jokowi & Ma’ruf Amin tidak terbukti menyuruh menayangkan videotron acara Asian Games 2018 yang diduga menyisipkan slogan kampanye capres-cawapres 01.

Baca  Tersangka Suap Meikarta, Neneng Hassanah Yasin Dipecat dari Tim Kampanye Jokowi-Maruf

Saat ditemui di luar sidang, Komisioner Bawaslu DKI Jakarta Puadi menyatakan, tidak terbuktinya Jokowi-Ma’ruf memasang videotron membuat Bawaslu DKI menolak dua petitum (permintaan) pelapor. 

“Kami majelis menolak permintaan agar pasangan calon nomor urut 1 meminta maaf secara tertulis kepada pasangan calon nomor 2. Itu ditolak karena tidak bisa dibuktikan dalam fakta persidangan,” kata Puadi. 

Ia menambahkan, Bawaslu DKI juga menolak memberikan teguran kepada Jokowi-Ma’ruf karena pasangan itu tidak terbukti memasang tayangan videotron. 

Pasangan Jokowi-Ma'ruf Tak Terbukti Pasang Videotron di Jalan Protokol (Foto: detikcom)
Pasangan Jokowi-Ma’ruf Tak Terbukti Pasang Videotron di Jalan Protokol (Foto: detikcom)

Bawaslu DKI Jakarta sebelumnya menyatakan videotron kampanye Jokowi-Ma’ruf melanggar SK KPU DKI Jakarta No 175 karena dipasang di jalan protokol. Dalam putusannya, Bawaslu DKI meminta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu menghentikan tayangan videotron tersebut serta mengingatkan pemilik videotron supaya tidak menayangkan kembali materi kampanye di tempat yang dilarang. 

Direktur Bidang Hukum dan Advokasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Ade Irfan Pulungan menegaskan bahwa pihaknya tak pernah terlibat memasang alat peraga kampanye di videotron pada tempat yang dilarang oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Pasangan Jokowi-Ma'ruf Tak Terbukti Pasang Videotron di Jalan Protokol
Pasangan Jokowi-Ma’ruf Tak Terbukti Pasang Videotron di Jalan Protokol

Hal itu ia katakan untuk merespons putusan Bawaslu DKI Jakarta yang menyatakan bahwa pemasangan alat peraga kampanye videotron pasangan Jokowi-Ma’ruf melanggar aturan.

Baca  Kodim 0820 Probolinggo Menggelar Binkomsos Cegah Tangkal Radikalisme, Separatisme Triwulan III TA 2019

Ia meyakini putusan tersebut justru menunjukkan tak ada keterlibatan pasangan Jokowi-Ma’ruf, Tim Kampanye Nasional maupun Tim Kampanye Daerah dalam pemasangan videotron itu seperti yang dituduhkan pelapor.

“Terbukti jelas bahwa paslon 01 yang disangkakan pelapor itu tak terbukti. Jadi tak ada keterlibatan paslon 01, tim kampanye pusat atau daerah baik secara langsung maupun tidak terhadap pemasangan videotron tersebut,” kata Ade saat dihubungi, Jumat (26/10/2018). (rnd)

Jum'at, 20 September 2019