Home » Media » VIDEO: Siswa Nikmati Gempa di Ambon, Gempa Tidak Berpotensi Tsunami Tapi Berpotensi Libur
Siswa Nikmati Gempa di Ambon, Gempa Tidak Berpotensi Tsunami Tapi Berpotensi Libur. (screencapture)
Siswa Nikmati Gempa di Ambon, Gempa Tidak Berpotensi Tsunami Tapi Berpotensi Libur. (screencapture)

VIDEO: Siswa Nikmati Gempa di Ambon, Gempa Tidak Berpotensi Tsunami Tapi Berpotensi Libur

QARAO.com, Ambon – Para siswa dari sejumlah sekolah di Kota Ambon mulai menikmati adanya gempa bumi susulan, pasca gempa 6,5 magnitudo tanggal 26 September 2019 lalu. 

Siswa Nikmati Gempa di Ambon, Gempa Tidak Berpotensi Tsunami Tapi Berpotensi Libur. (screencapture)
Siswa Nikmati Gempa di Ambon, Gempa Tidak Berpotensi Tsunami Tapi Berpotensi Libur. (screencapture)

Pasalnya, gempa yang terus terjadi dengan goncangan sedang atau kuat membuat para siswa langsung dipulangkan dari sekolah. Pihak sekolah tidak ingin ambil resiko ketika terjadi gempa bumi.

Seperti diketahui, Rabu (9/10/19) terjadi gempa bumi susulan di Ambon sebanyak tiga kali, dalam rentang waktu Pukul 10:29:09 WIT hingga Pukul 10:29:07 WIT. 

Gempa terkuat terjadi Pukul 10:29:07 WIT, dengan kekuatan 3.7 SR, yang terjadi di lokasi 3.61 LS-128.36 BT, 24 km Timur Laut Ambon, 30 km Selatan Kairatu-SBB. Gempa berada di kedalaman 10 km, yang dirasakan di Ambon dan Tulehu III MMI, Kairatu II MMI.

Baca  VIDEO: Polisi Grebek Sabung Ayam di Palembang, Pelaku Ceburkan Diri ke Lumpur

Pasca terjadi gempa tersebut, aktifitas para siswa di sekolah langsung dihentikan, semua siswa dipulangkan. Termasuk siswa di SMP Negeri 14 Kota Ambon. 

Setelah dipulang, sejumlah siswa merasa gembira karena pulang sebelum waktunya. Kebahagiaan para siswa tersebut digambarkan dalam video singkat yang mendadak viral di dunia maya.

Siswa tersebut mengaku senang dengan adanya gempa yang tidak berpotensi tsunami, karena begitu, mereka langsung diliburkan. 

“Gempa tidak berpotensi tsunami, tapi berpotensi libur,” canda para siswa.

Berdasarkan penelusuran, siswa dalam video tersebut bernama Ichwan Fajar Sangadji yang kini duduk di kelas 9 SMP Negeri 14 Ambon.

Siswa yang akrab disapa Jepo tersebut girang sebab ia menyebut gempa tak berpotensi tsunami, tetapi berpotensi libur.

“Gais eee.. Beta paling suka gempa-gempa bagini e.. Gempa seng berpotensi tsunami. Tp berpotensi libur e.. Sadap sadap apa talalu e,” kata Jepo dengan logat Tulehu.

Baca  VIDEO: Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Bali saat Hadiri Kongres V PDIP di Bali

(Teman-teman, saya paling suka gempa seperti ini, gempa yang tidak berpotensi tsunami, tapi berpotensi libur. Enak sekali. Kalau gempa begini enaklah, bagaimana menurutmu?)

Dalam video tersebut Jepo juga meminta pendapat temannya yang juga tampak senang dengan adanya gempa yang tak berpotensi tsunami, tapi berpotensi libur.

Beberapa siswa juga tampak menunjukkan reaksi yang sama dengan Jepo, senang dengan adanya gempa yang menyebabkan sekolah dipulangkan lebih awal.

Hanya dalam satu jam, video dengan durasi 23 detik itu telah dibagikan lebih dari 800 kali, dengan waktu viewer (ditonton) sebanyak lebih dari 12 ribu kali. 

Sementara Kepsek SD Muhammadiyah Kota Ambon, Deden Siolimbona, mengaku, siswanya juga dipulangkan setelah terjadi gempa dengan kekuatan 3,7 SR kemarin. 

Hal ini dilakukan, karena saat terjadi gempa 6,5 magnitudo beberapa waktu lalu, para siswa tampak panik dan ketakutan. Sebab, beberapa sisi gedung sekolahnya mengalami keretakan, akibat guncangan, sehingga membuat para siswa histeris dan ketakutan.

Baca  VIDEO: Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu FSPPB Tolak Pelepasan LNG Pertamina ke PGN

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pasca gempa susulan ini, maka sesuai arahan Walikota Ambon, ia langsung memulangkan para siswanya. 

Berikut ini video gempa tidak berpotensi tsunami tapi berpotensi libur:

(rnd)

Sabtu, 19 Oktober 2019