Home » Inform » VIDEO: Topan Hagibis Melanda Jepang, Enam Juta Orang Diminta Mengungsi
Topan Hagibis Melanda Jepang, Enam Juta Orang Diminta Mengungsi. (istimewa)
Topan Hagibis Melanda Jepang, Enam Juta Orang Diminta Mengungsi. (istimewa)

VIDEO: Topan Hagibis Melanda Jepang, Enam Juta Orang Diminta Mengungsi

QARAO.com, Jakarta – Tiga orang tewas dan 60 lainnya luka-luka akibat serangan Topan Hagibis yang melanda Jepang, Sabtu (12/10/19). Bahkan, enam juta orang diminta mengungsi karena serangan topan yang terjadi di Tokyo itu.

Topan Hagibis Melanda Jepang, Enam Juta Orang Diminta Mengungsi. (istimewa)
Topan Hagibis Melanda Jepang, Enam Juta Orang Diminta Mengungsi. (istimewa)

Badan Meteorologi Jepang bahkan mengeluarkan tingkat siaga tertinggi untuk 12 perfektur termasuk Tokyo. “Kerusakan akibat banjir dan tanah longsor kemungkinan besar sudah terjadi,” kata seorang pejabat agensi pada konferensi pers yang diadakan oleh lembaga penyiaran publik NHK sebagaimana dikutip Reuters.

“Sangat penting bahwa orang mengambil tindakan segera untuk melindungi kehidupan mereka dan kehidupan orang yang dicintai.”

Topan Hagibis telah menghancurkan beberapa tepian sungai dan membuat sejumlah dataran rendah banjir di Tokyo. Badai ini membawa curah hujan yang sangat tinggi, bahkan mencapai 939,5 mm (37 inci) selama 24 jam.

Baca  VIDEO: Kapolres Probolinggo Pimpin Apel Kekuatan Personil Satlantas Dan Bentuk Tim Urai Anti Kemacetan di H+2 Lebaran

Banyak warga akhirnya memilih berlindung di fasilitas evakuasi sementara. Mereka khawatir keadaan akan semakin memburuk.

Salah seorang warga, Yuke Ikemura bersama dua anaknya yang berumur 3 dan 8 tahun, mengaku memutuskan akan menetap di fasilitas evakuasi selama beberapa hari. Ia mengaku segera pindah sebelum situasi makin genting.

“Saya punya anak kecil untuk dirawat dan kami tinggal di lantai pertama sebuah apartemen tua,” kata Ikemura.

“Kami membawa serta kebutuhan pokok kami. Saya takut memikirkan kapan kita akan kehabisan popok dan susu,”. 

Bandara Haneda di Tokyo dan Narita di Chiba juga berhenti beroperasi. Ini menyebabkan 1000 penerbangan dibatalkan.

Baca  Dandim Solo Ungkap Cara Jitu Jaga Kondusif Wilayah Kota Surakarta

Berikut ini video topan Hagibis melanda Jepang:

View this post on Instagram

DETIK2 SUPER TYPHOON HAGABIS HANTAM JEPANG _ _ Typhoon Hagibis mengarah ke Jepang pada Sabtu (12/10/2019). Melansir CNN, typhoon Hagibis telah melemah saat mendekati Jepang. Meski demikian, typhoon Hagibis sangat berbahaya dengan kecepatan angin maksimal hingga 195 kilometer per jam (122 mph) setara dengan badai Atlantik kategori 3. Topan Hagibis ini diprediksi akan benar-benar sampai di Jepang pada Sabtu sore waktu Jepang, tetapi sudah berdampak di banyak wilayah, di antaranya bagian tengah dan selatan Honshu, pulau utama Jepang. Di media sosial, khususnya Twitter, juga diramaikan tagar #SaveJapan dan #TyphoonHagibis. #savejapan #prayforjapan #supertyphoon #net2netcomm #berbagiinfo_info #tribuncikarang #jakarta #indonesia #deepcondolences #hagabis #storm #tornado #weather #cuaca #honsu #japan #jepang

A post shared by Qarao.com (@qaraocom) on

(cnbcindonesia)

Sabtu, 19 Oktober 2019