Home » Inform » Warga Kabupaten Probolinggo Gelar Upacara di Kuburan dengan Berbusana Hantu
Warga Kabupaten Probolinggo Gelar Uoacara di Kuburan Dengan Berbusana Hantu. (Foto: Risty)
Warga Kabupaten Probolinggo Gelar Uoacara di Kuburan Dengan Berbusana Hantu. (Foto: Risty)

Warga Kabupaten Probolinggo Gelar Upacara di Kuburan dengan Berbusana Hantu

QARAO.com, Probolinggo – Guna memeriahkan HUT RI ke 74, warga Kelurahan Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo melakukan upacara di kuburan, Sabtu (17/8/19).

Warga yang berasal dari RW 2 itu, memilih tempat pemakaman umum sebagai lokasi upacara peringatan HUT RI. Tak hanya lokasinya nyeleneh, pakaian yang digunakan warga peserta upacara cukup unik.

Mulai dari pakaian pejuang kemerdekaan, pakaian adat daerah nusantara hingga pakaian layaknya kuntilanak, ada dalam upacara kemerdekaan kali ini. Prosesi upacara sendiri, berlangsung khidmat layaknya upacara kemerdekaan pada umumnya.

Mulai pengibaran bendera merah putih, pembacaan UUD 45, Pancasila, hingga teks proklamasi kemerdekaan dibacakan bersama secara antusias, oleh peserta upacara.

Baca  Ingin Kembali Ke Jalan Yang Benar, Belasan Anjal Dan Anak Punk Belajar Ngaji Serta Sholat

Upacara kemerdekaan, kemudian ditutup dengan peniupan lilin bersama sebagai simbol puncak perayaan ulang tahun Negara Indonesia.

Ketua RW 2, Khusnul khotimah menjelaskan, dipilihnya lokasi upacara HUT RI ditengah kuburan, bertujuan mengingatkan masyarakat terhadap jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang.

Warga Kabupaten Probolinggo Gelar Upacara di Kuburan dengan Berbusana Hantu. (Foto: Risty)
Warga Kabupaten Probolinggo Gelar Upacara di Kuburan dengan Berbusana Hantu. (Foto: Risty)

Serta memberikan pesan moral, kepada masyarakat bahwa semua manusia akan meninggal, dan kembali kehadapan yang maha kuasa.

“Dengan adanya upacara ini, kami berharap semua generasi muda bisa mewujudkan cita-cita para pejuang, yang telah gugur guna memerdekaan negara Indonesia,”jelas Khusnul.

Sementara Peserta upacara Buamin mengungkapkan, pakaian ala kuntilanak sengaja dipilih guna menyesuaikan dengan lokasi upacara yang digelar di tengah kuburan.

Baca  VIDEO: Jokowi Bertolak ke Riau, Rapat dan Tinjau Lokasi Kebakaran Hutan

Meski agak sulit mengenakannya, namun Buamin tetap mengaku senang bisa turut meramaikan peringatan HUT RI.

“Pakaian ini saya pilih untuk menyesuaikan dengan tempatnya pak, awalnya agak kesulitan memang saat menggunakan. Tapi gak apa-apa yang penting, bisa berlangsung meriah,”terang Buamin.

[risty]

— via qarao-post

Jum'at, 20 September 2019