Home » Terkini » Warga Kelurahan Sukabumi Gelar Kirab Gunungan Dan Pawai Budaya Lokal
Warga Kelurahan Sukabumi Gelar Kirab Gunungan Dan Pawai Budaya Lokal (Foto: Risty)

Warga Kelurahan Sukabumi Gelar Kirab Gunungan Dan Pawai Budaya Lokal

QARAO.com, Probolinggo – Warga Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo menggelar kirab Gunungan dan Pawai Budaya Lokal Dalam Rangka Memperingati 1 Muharram Menuju Kebersamaan Sebagai Wujud Syukur Untuk Menuju Kemuliaan. Minggu (23/9/2019)

Selain berbondong-bondong memadati sepanjang jalan wilayah kelurahan Sukabumi, warga juga membawa makanan (barik’an) dan menggelar do’a bersama.

Tak hanya itu serangkaian acara tersebut, ditutup pawai budaya dan kesenian reog Camat Mayangan, M. Abas menjelaskan, kegiatan kirab gunungan dan pawai budaya ini menjadi angenda rutin setiap tahun dalam rangka memperingati bulan muharam.

Diawali dengan pagelaran kesenian reog dan dilanjutkan dengan acara pawai budaya yang diikuti warga dengan berjalan kaki keliling desa/wilayah kelurahan sukabumi” ucapnya.

Baca  Hari Libur Nama Unik Pemulung di Kota Probolinggo

“Pada intinya, kegiatan kirab gunungan atau bersih desa bertujuan untuk menghormati para leluhur nenek moyang kita (sing babat alas desa). Beserta mengucapkan rasa puji syukur kehadirat Alloh SWT atas rezeki yang telah mana diberikan-Nya. Serta dijauhkan dari segala marabahaya, dan bencana,” ungkap M. Abas.

Warga Kelurahan Sukabumi Gelar Kirab Gunungan Dan Pawai Budaya Lokal (Foto: Risty)

Salah satu RT setempat mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat tali silaturahmi antara warga sesuai dengan temanya yaitu menumbuhkan kebersamaan sebagai wujud syukur menuju kemuliaan.

“Kami selaku kepanjangan tangan pemerintah khususnya di Kelurahan Sukabumi berusaha untuk memberikan kiat warga dan itu tidak hanya sekadar simbul saja minimal dapat menunjukan bahwa di kelurahan Sukabumi kaya akan budaya,” pungkasnya. (Risty)

Sabtu, 19 Oktober 2019