Home » Terkini » Wisatawan Gunung Bromo Berburu Frozen
Wisatawan Gunung Bromo Berburu Frozen (Foto: Risty)

Wisatawan Gunung Bromo Berburu Frozen

QARAO.com, Probolinggo – Fenomena frozen atau membekunya sejumlah tanaman dan pasir, di areal obyek wisata Gunung Bromo semakin menjadi, pada Jum’at (21/6/2019).

Hal itu disebabkan, semakin rendahnya suhu cuaca di sekitar Gunung Bromo dimana menyentuh angka sekitar 3 derajat celcius. Meski demikian, fenomena frozen di obyek wisata alam setempat kian menjadi buruan wisatawan.

Seperti yang dilakukan Alex, wisatawan asal Sidoarjo yang mengaku sengaja datang ke Gunung Bromo, hanya untuk melihat terjadinya fenomena frozen. Meski suhu cuaca di sekitar Gunung Bromo cukup dingin, ia mengaku cukup menikmatinya.

Wisatawan Gunung Bromo Berburu Frozen (Foto: Risty)

Fenomena frosen yang terjadi di sejumlah tanaman dan pasir Bromo, menurut Alex sangat menarik dan terlihat cantik. Dedaunan yang mengkristal, serta pasir seperti bersalju memberikan keindahan tersendiri di gunung tercantik yang ada di Jawa Timur tersebut.

Baca  Sandiaga di Malang: Pesan Pak Haji Prabowo, Kampanye Harus Sejuk Jangan Dipecah-Belah

“Biar dingin tapi keren ja bawannya, soalnya kondisi alamnya beda dari biasanya. Banyak tanaman membeku, dan pasir seakan bersalju,”ujar Alex.

Sementara Kepala Lautan Pasir, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Subur mengimbau, bagi wisatawan yang hendak melihat fenomena frozen, ada baiknya tidak datang pada dini hari.

Wisatawan Gunung Bromo Berburu Frozen (Foto: Risty)

Hal itu karena kondisi masih gelap, serta kondisi cuaca begitu sangat dingin. Dikhawatirkan, bagi pengunjung yang tak kuat menahan dingin, bisa mengalami hipotermia. Oleh karenanya, ia menyarankan juga agar pengunjung tak lupa membawa perlengkapan penghangat tubuh seperti kaos tangan, jaket dan topi gunung.

Baca  Batik Lumajang Akan Disiapkan Pasar Oleh HIPMI Bersama Pemkab

“Sejauh ini, suhu cuaca masih berada di angka 3 derajat celcius. Namun agustus mendatang, terkadang mencapai 1 derajat. Maka dari itu perlengkapan penghangat tubuh sangat penting, guna menjaga kesehatan,”terangnya.

Subur menjelaskan, dinginnya suhu cuaca di sekitar Gunung Bromo saat ini, membuat ketebalan es baik di tanaman dan pasir mencapai 5 cm. Subur juga mengimbau, agar pengunjung tetap berada di jarak aman atau 1 kilometer dari bibir kawah Bromo.

. (Risty)

Selasa, 12 November 2019